Share
6 Tips Mengatasi Rambut Frizzy Setelah Dikeringkan Dengan Hairdryer
Annisa Laksmintari
23 October 2020

Alih-alih mendapatkan rambut halus dan mulus ala salon, beberapa jenis rambut membandel dan malah menjadi keriting setelah di-blowdry dengan pengering rambut. Inilah cara mengatasinya!


Tak semua orang memiliki rambut yang lurus, jatuh, halus, dan mulus bak keluar dari salon setiap selesai mengeringkan rambut dengan hairdryer. Terdapat beberapa teknik kiat-kiat supaya rambut tidak menjadi keriting setelah di-blowdry!

- Gunakan pelindung panas pada rambut sebelum menggunakan alat panas apapun. Produk pelindung panas akan menutupi kutikel rambut anda, sehingga mencegah hilangnya kelembaban dan elastisitas akibat penggunaan panas yang tinggi pada rambut. Produk pelindung panas dapat berupa leave-in conditioner, hair serum, ataupun thermal heat protectant.
- Setelah pelindung panas, gunakanlah produk untuk smoothing, yang dioleskan pada rambut yang masih lembab dan sebelum penggunaan hairdryer. Produk ini dapat berupa oil, leave-in conditioner, mousse, ataupun hair foam untuk rambut yang halus dan berkilau.
- Gunakan hairdryer dengan level professional untuk hasil berkualitas yang maksimal.
- Keringkan rambut searah dengan arah tumbuhnya rambut. Jika angin dari hairdryer tidak diarahkan ke arah tumbuh rambut, akan mendorong kutikel yang dikeliling rambut sehingga menjauh dari rambut, sehingga menyebabkannya terlihat keriting, seperti dilansir dari hellogiggles.com
- Gunakan sikat rambut dengan bristle ataupun dengan sikat rambut bulat dari keramik untuk hasil blowdry yang lebih rapi. Dengan sikat rambut bulat, angkat rambut anda menjauh dari akar dan dari arah berlawanan dari posisi rambut ketika selesai. Saat selesai blowdry, alihkan arus angin dari hairdryer ke ‘cool’ dan arahkan ke bawah ke kulit kepala dan rambut-rambut yang mencuat keatas.
- Setelah rambut kering, jika masih ada rambut yang masih kurang rapih, gunakan wax spray yang ringan atau pomade yang matte untuk melemaskan dan menghaluskan rambut anda.