Share
6 Tips Memilih Warna Cat Kuku yang Sesuai agar Menghasilkan Tangan yang Cantik 
Roziana Lailatul Hidayah
15 February 2023

Nail art atau mengecat kuku belakangan menjadi kegemaran banyak kaum wanita, namun dalam pemilihan warnanya tentu perlu disesuaikan dengan warna dan jari Anda. Simak ringkasan berikut untuk mengetahui tips memilih warna cat kuku yang cocok.


Warna yang Anda pilih untuk mengecat kuku sangat berpengaruh dengan look yang dihasilkannya. Pemilihan warna ini sangat berpengaruh baik terhadap kecerahan warna kulit atau bahkan ukuran jari kita. Warna cat kuku yang salah dapat menimbulkan tampilan kulit yang terlihat lebih kusam, atau bahkan jari terlihat lebih pendek dan gemuk. Oleh karena itu, semestinya Anda perlu memilih warna yang tepat sebelum mengecat kuku. Dan untuk memilih warna cat kuku yang sesuai, Anda perlu menyesuaikan dengan undertone kulit Anda.

Meskipun Anda bisa pergi ke salon dan langsung berkonsultasi warna cat kuku apa yang cocok, namun tidak ada salahnya juga jika Anda bisa menentukan warna cat kuku yang sesuai yang Anda inginkan. Berikut ringkasan tips memilih warna cat kuku sesuai kebutuhan Anda.

Tips Memilih Warna Cat Kuku Untuk Kulit Putih Hangat

Bagi Anda yang memiliki kulit cerah hingga putih, pilihan warna cat kuku yang cocok adalah warna pastel terang. Pilihan warna ini berguna untuk menghindari warna kulit Anda menjadi lebih pucat sehingga dapat menimbulkan kesan yang tegas. Selain itu, Anda juga bisa memilih warna cat kuku undertone biru hingga warm.

Warna yang paling menjadi rekomendasi untuk kulit putih adalah warna pastel pink. Namun jika Anda merasa kurang cocok, warna merah terang dan biru juga dapat memberi kesan tegas pada kuku Anda. Namun untuk warna ini, jika Anda memilih warna terang pastikan warna merah dan biru undertone ya. Kedua warna undertone ini sangat cocok untuk Anda yang berkulit putih warm ya.

Warna Cat Kuku untuk Kulit Medium - Olive

Warna kulit Medium dan Olive merupakan kulit sebagian besar orang Asia Tenggara, dengan range mulai dari bronze sampai olvie tan. Istilah lebih mudahnya adalah kulit sawo matang. Untuk menentukan warna cat kuku yang sesuai dengan kulit ini, terdapat banyak warna pilihan yang mudah didapatkan.

Jika warna kulit Anda adalah cenderung warm undertone, Anda dapat memilih cat kuku dengan warna merah atau oranye. Sedangkan jika kulit Anda cenderung cool undertone Anda dapat memilih cat kuku kebiruan. Hal ini bertujuan untuk membuat kulit Anda lebih bersinar.

Pilihan warna-warna pastel juga cocok untuk warna kulit jenis ini. Jika Anda menyukai warna nude, Anda dapat memilih cat kuku dengan warna beige. Warna peach, pink, coral, lilac, dan biru langit juga Anda memilih warna ini. Tips pentingnya adalah hindari warna pigmen yang soft, warna yang menjadikan kulit Anda nampak kusam.

Warna Cat Kuku untuk Kulit Gelap

Kulit dengan warna gelap biasanya memiliki cool undertone. Warna kulit ini cocok dengan warna-warna warm terutama earthtone yang pekat seperti cream, mocha, dan beige. Anda juga dapat memilih warna cerah mencolok jika Anda ingin tampil lebih percaya diri.

Jika Anda ingin mengeksplorasi lebih banyak warna, Anda bisa memilih biru pastel dengan tidak terlalu banyak undertone putih. Untuk pilihan warna pink, Anda bisa memakai cat kuku pink neon atau fuschia. Warna merah juga cocok dengan warna kulit gelap, namun usahakan warna merah gelap untuk memberi kesan glowing pada kulit.

Warna Cat Kuku Agar Jari Terlihat Ramping

Untuk mendapatkan look jari yang lebih ramping, warna cat kuku natural dan lembut akan sangat cocok. Jika kulit Anda dalam range kulit putih pilihlah warna cat kuku super sheer pink, sedangkan jika kulit Anda termasuk dalam kulit gelap warna cat kuku yang cocok adalah toffee dan mocha. Warna kulit medium hingga olive akan sangat cocok dengan warna beige pink dan sheer tan untuk mendapatkan look jari yang lebih ramping.

Warna Cat Kuku Agar Kuku terlihat lebih kecil

Warna cat kuku yang cocok untuk mendapatkan look kuku lebih kecil adalah warna-warna gelap. Namun Anda perlu mengetahui warna gelap mana yang cocok dengan warna kulit Anda. Warna kulit putih akan lebih cocok dengan warna cat kuku oxblood red. Sedangkan untuk warna kulit gelap akan lebih cocok memilih warna cat kuku biru navy. Sedangkan jika kulit Anda berada dalam range medium warna cat kuku yang cocok adalah mauve dan burgundy.

Warna Cat Kuku Agar Tangan Terlihat Lebih Muda

Warna-warna yang lembut dan elegan sangat cocok jika Anda menginginkan tangan terlihat lebih muda. Usahakan memilih warna yang dapat menonjolkan warna kulit namun hindari warna-warna neon agar tidak berkesan kekanak-kanakan. Warna cat kuku soft pink sangat cocok untuk kalian yang berkulit putih, sedangkan untuk kulit gelap Anda bisa memilih warna cat kuku violet. Warna kulit dalam range medium akan sangat cocok dengan cat kuku berwarna peach dan coral orange.