Share
6 Makanan Ini Tinggi Kolesterol, Mana yang Harus Dihindari atau Dapat Dimakan?
Rambu Moara
17 September 2021

Jangan salah, ada banyak makanan yang mengandung kolesterol baik untuk tubuh. Enam makanan berikut harus diperhatikan saat dikonsumsi agar Anda tidak kelebihan kolesterol.


Kolesterol adalah salah satu senyawa yang diperlukan tubuh untuk bisa memproduksi vitamin D. Zat ini sering kali dikira orang sebagai zat jahat yang bisa merusak tubuh. Nyatanya ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Sekitar 25% kolestrol dalam tubuh diterima dari makanan yang dikonsumsi. Makanan yang tinggi kolesterol jahat bisa membuat penumpukan di daerah pembuluh darah jantung, sementara yang menyehatkan jelas akan membantu metabolisme tubuh.

Meski hanya sekitar 25% kolesterol dalam makanan yang dibutuhkan tubuh, tetap saja perlu diperhatikan apa saja makanan mengandung kolesterol tinggi, baik itu yang menyehatkan dan yang tidak. Untuk itu, HighEnd telah merampung enam jenis makanan dengan kolesterol tinggi agar menjadi acuan dalam memilih makanan yang sehat.

1. Telur

Telur tergolong sebagai makanan tinggi kolesterol baik. Dalam sebutir telur dapat membuat kurang lebih 210 mg kolesterol bagi tubuh Anda. Di samping itu, telur merupakan produk protein hewani, yang mana bisa memberikan zat lain bagi tubuh seperti vitamin A, B, dan selenium.

2. Keju

Tidak hanya tinggi akan kalori, keju juga memiliki kadar kolestrol yang tinggi. Terdapat 27 mg kolesterol dalam 1 ons keju. Jika Anda sedang melakukan diet, cukup dengan mengkonsumsi 1-2 ons sehari, agar jumlah kalori dan kolestrol yang diterima tetap terkendali.

3. Yogurt

Ada 2 jenis yogurt, rendah lemak dan tinggi lemak. Jelas yogurt tinggi lemak memiliki kolesterol yang tinggi. Dalam secangkir yogurt, Anda bisa mendapatkan 245 gram kolesterol. Namun, jika Anda mengkonsumsi yogurt, Anda juga bisa mendapatkan bakteri baik yang mempercepat metabolisme makan di usus.

4. Cookies

Kukis adalah jenis makan berkolesterol tinggi yang tidak menyehatkan (jahat) karena tinggi akan gula, pati, lemak dan kalori tidak sehat. Sering memanjakan diri dengan makanan ini memberi dampak negatif pada tubuh seperti menyebabkan penambahan berat badan, merusak gigi, dan beragam masalah lainnya.

5. Fast Food atau Junk Food

Fast food atau junk food dikenal juga dengan istilah makanan tanpa nutrisi. Hal ini karena tingginya kandungan karbohidrat dan lemak tetapi rendah akan vitamin dan mineral baik yang diperlukan tubuh. Mengkonsumsi makanan instan/cepat saji seperti ini akan mendatangkan banyak penyakit seperti diabetes, obesitas dan penyumbatan pembuluh darah di jantung. Ada baiknya untuk membatasi makanan seperti ini dan melakukan olahraga yang cukup.

6. Deep-Fried Food

Terakhir ada makanan deep fried seperti ayam goreng dan atau mozarella cheese sticks yang menjadi jenis makanan berkolesterol tinggi. Hampir sama dengan semua jenis makanan tinggi kolesterol jahat, makanan seperti ini memicu tingginya kadar gula dan lemak jahat dalam tubuh. Sering mengonsumsi makanan ini bahkan dapat membuat kulit Anda menjadi kusam, berminyak, dan berjerawat.

Kesimpulannya, makanan seperti telur, keju dan yogurt adalah makanan yang tinggi kolesterol baik dan bisa memberikan nutrisi seimbang bagi Anda yang sedang menjalani diet makanan sehat.

Tetapi makanan seperti kukis, junk food dan makanan deep fried sangat tinggi akan gula, lemak jahat dan kolesterol. Anda akan mendapatkan tubuh yang tidak sehat dalam 10 tahun kedepan jika selalu mengkonsumsi makanan seperti ini sekarang.