6 Kegiatan Kreatif ini Dapat Membantu Menghilangkan Stres dan Tenangkan Pikiran
Dewi Anggriani Siregar
11 March 2022

Kondisi stres akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental apabila terus menerus dibiarkan. Beberapa kegiatan seni berikut dapat membantu Anda dalam melakukan manajemen stress.


Stres merupakan salah satu permasalahan yang kerap kali dialami oleh banyak orang. Entah dalam urusan pekerjaan, hubungan, keluarga, pertemanan, dan masih banyak lagi. Stres dapat berpengaruh pada tubuh, pikiran, dan prilaku. Stres juga bisa memicu timbulnya banyak masalah kesehatan, termasuk kesehatan fisik dan mental.

Manajemen stres adalah langkah penting yang sangat dibutuhkan apabila Anda tengah berada dalam kondisi ini. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 di Behavioral Sciences menemukan bahwa terapi seni kreatif dapat mencegah stres dan meningkatkan manajemen stres. Berikut beberapa kegiatan yang bisa mulai Anda lakukan untuk menghilangkan stres.

1. Dance

Dance atau menari dapat menjadi salah satu pereda stres yang baik. Menari dapat membantu melepaskan hormon endorfin, yakni hormon bahagia. Anda mungkin bisa mencoba melakukan free dance, dance workouts, instructed dance, dan tarian-tarian lainnya.

2. Art

Aktivitas menggambar, melukis, mewarnai, membuat sketsa merupakan kegiatan yang mampu membuat Anda lebih fokus dan mengalihkan pikiran terhadap apa yang Anda kerjakan ketimbang kekhawatiran yang Anda rasakan.

3. Menulis

Menulis merupakan salah satu metode terbaik untuk menuangkan segala perasaan yang Anda rasakan, sebab menulis dapat mengeksplorasikan pikiran, perasaan, serta emosi tentang peristiwa yang terjadi di dalam hidup Anda. Anda bisa mulai menuliskan emosi yang sedang Anda rasakan baik itu senang maupun sedih. Anda juga bisa membuat jurnal harian, cerita pendek, atau apapun itu yang bisa meluapkan perasaan Anda.

4. Merajut

Latihan merajut setiap hari mampu membantu memanajemen stres yang sedang Anda alami sebab merajut membantu menimbulkan perasaan senang dan bahagia. Anda bisa mencoba untuk menonton tutorial merajut di YouTube atau mengajak beberapa teman untuk merajut bersama.

5. Fotografi

Menghilangkan stress yang Anda alami dapat dilakukan dengan melakukan eksplorasi dan memotret objek-objek menarik yang ada di sekitar Anda. Tidak perlu kamera mahal dan kemampuan profesional untuk melakukan hobi yang satu ini. Namun apabila ternyata Anda sudah mahir dan handal dalam menggunakan kamera menjadi salah satu bonus menarik lainnya. Anda bisa menggunakan ponsel dan memanfaatkan momen-momen berharga yang Anda punya serta menemukan makna dalam hal-hal yang Anda temui.

6. Bermain Alat Musik

Mendengarkan lagu tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Begitupun dengan memainkan alat musik. Bermain alat musik dapat menimbulkan perubahan otak yang secara positif dapat membangkitkan keadaan emosional danmembantu mengekspresikan diri kita sehingga dapat mengalihkan kita terhadap segala pikiran-pikiran negatif yang ada di otak kita. Anda bisa mulai belajar untuk memainkan drum, gitar, piano, bahkan ukulele.