Share
6 Hal Produktif yang Dapat Anda Lakukan Selama Social Distancing
Larasati Oetomo
16 March 2020

Siapa bilang bertahan di rumah terasa seperti berada di bawah kungkungan? Terdapat banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga mental dan tubuh Anda tetap kuat selama melakukan social distancing.


Melakukan social distancing atau sebisa mungkin bertahan di rumah adalah salah satu cara paling efektif untuk meminimalisasi penyebaran virus. Meski demikian, proses ini dapat memengaruhi keadaan psikologis Anda mulai dari merasa bosan, panik, cemas, hingga merasa kontraproduktif.

Padahal, terdapat beberapa hal yang biasanya tidak dapat Anda lakukan di rumah karena keterbatasan waktu dan energi. Momen social distancing adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai melakukan aktivitas-aktivitas produktif ini:

#1 Menyelesaikan apa yang selalu Anda tunda

Akuilah, kita semua menyimpan banyak buku yang tidak pernah kita selesaikan atau baca sama sekali. Sekarang adalah saat yang tepat untuk memberi Anda me-time produktif dengan menyelesaikan sebuah buku. Apabila Anda bukan tipe orang yang senang membaca, Anda juga dapat melanjutkan serial teve atau daftar film yang belum sempat Anda tonton selama ini.

#2 Menata ulang letak perabotan rumah

Selama berada di rumah, Anda mesti menyempatkan waktu untuk membersihkan setiap sudut rumah agar terhindar dari penyakit. Lalu, mengapa tidak sekalian saja menata ulang perabotan rumah? Proses menata ulang biasanya lebih menyenangkan dibanding membersihkan rumah yang terasa menjemukkan. Selain itu, Anda dapat kembali menyegarkan pikiran dengan pemandangan baru di rumah Anda.

#3 Memasak makanan sendiri

Selain cenderung lebih murah dan minim kontaminasi, memasak makanan sendiri juga lebih sehat karena Anda dapat mengontrol sendiri bahan dan porsi makanan yang Anda siapkan. Cobalah beberapa resep yang selalu ingin Anda coba di rumah.

#4 Yoga atau olahraga dalam ruangan

Yoga adalah salah satu olahraga dalam ruangan yang amat bermanfaat pada momen ini. Selain tidak memakan banyak tempat, yoga dapat membantu pikiran dan jiwa kita untuk tetap tenang sementara kebugaran tubuh terjaga.

#5 Mencoba hobi baru

Apakah Anda selalu ingin mencoba urban gardening? Merajut? Melukis? Apapun itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk melepas penat lewat aktivitas reproduktif seperti menjalani atau memulai hobi sederhana.

#6 Meluangkan waktu bersama anak

Bagi orang tua yang bekerja, mereka tidak memiliki banyak kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sekarang Anda dan anak dapat mencoba aktivitas baru bersama-sama. Pastikan segala hal yang disentuh anak Anda sudah terlebih dahulu disterilkan.

FOTO Pixabay