Share
5 Tipe Cheesecake Paling Digemari Berikut Perbedaannya
Rambu Moara
27 November 2021

Cheesecake adalah salah satu jenis kue dengan varian terbanyak karena setiap negara memiliki ciri khasnya masing-masing.


Tidak diragukan lagi, dessert terbaik yang populer dan disukai banyak orang adalah cheesecake. Cheesecake adalah salah satu jenis kue dengan varian terbanyak karena setiap negara memiliki ciri khas yang membedakan cheesecakenya, mulai dari rasa, bahan yang digunakan, hingga proses pemasakan yang berbeda.

Produk campuran susu, heavy cream dan keju ini terkenal karena memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut. Berikut HighEnd rampung beberapa jenis cheesecake paling populer beserta karakter rasanya.

New York Cheesecake

New York Cheesecake adalah jenis cheesecake yang paling digemari dan paling populer karena tekstur yang halus dan kaya akan krim kejunya. Cake jenis ini memiliki permukaan yang halus karena menggunakan krim asam sebagai bahan utama agar tahan tetap lembut meski berada di kulkas.

Japanese Cheesecake

Cukup berbeda dari jenis cheesecake biasanya, karena Japanese Cheesecake terasa lebih fluffy dan ringan seperti sponge. Tekstur yang seperti sponge ini didapatkan putih telur yang dikocok mengembang membentuk adonan meringue. Cerita menarik dari kue ini bahwa Japanese cheesecake sudah mulai digemari ketika perang dunia II.

Vegan Cheesecake

Anda yang ingin menikmati cheesecake namun seorang vegan dan atau memiliki alergi pada susu tidak perlu khawatir karena ada juga jenis cheesecake vegan. Isian cheesecake ini terbuat dari rendaman almond dan kacang mete yang dihaluskan kemudian dicampur dengan santan untuk menciptakan adonan yang lembut.

Basque Cheesecake

Basque cheesecake adalah jenis cheesecake asal Spanyol dengan keunikan yang khasnya yaitu terlihat gosong pada permukaannya. Permukaan yang gosong ini didapatkan dari proses pembakaran yang tradisional sehingga efek gosong tersebut alami. Kendati demikian, tidak ada rasa pahit gosong melainkan rasa manis dan lembut.

No-bake Cheesecake

Jelas dari namanya, cheesecake satu ini tidak melibatkan proses baking atau pemanggangan. Dari semua jenis cheesecake, no-bake cheesecake adalah tipe yang mudah dibuat bahkan oleh pemula. Jika dibandingkan dengan cheesecake yang dipanggang, jenis ini akan memiliki bagian tengah yang lembut tetapi keras bagian atas karena proses pendinginan.