5 Penyanyi Solo K-Pop dengan Pengikut Terbanyak di Spotify

Art & Culture07 May 2021

By Novita Angelina

5 Penyanyi Solo K-Pop dengan Pengikut Terbanyak di Spotify

Beberapa penyanyi solo K-Pop, termasuk anggota BTS telah berhasil mendapatkan lebih dari 3 juta pengikut di platform Spotify, bahkan sebelum Spotify dirilis di Korea Februari 2021 kemarin.


Sejak beberapa tahun lalu, industri musik streaming semakin meningkat termasuk salah satunya platform Spotify yang sampai saat ini masih merajai industri tersebut. Menurut data yang ada mereka selalu meningkatkan jumlah pelanggan berbayar setiap tahunnya.

Pada awal bulan Februari 2021 kemarin, Spotify melebarkan sayapnya dengan diluncurkan di pasar Korea Selatan. Warga Korea Selatan dapat secara resmi menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh mereka.

Walaupun terbilang masih baru hadir di industri musik Korea Selatan, namum para artis K-Pop telah berhasil mendapatkan banyak pengikut di platform ini, bahkan sebelum Spotify dirilis di Korea. Berikut deretan penyanyi K-Pop yang memiliki pengikut terbanyak di Spotify.

1. J-Hope

BTS J-Hope merupakan artis solo Korea yang paling banyak diikuti di platform Spotify. Sebagai rapper, ia memiliki 5,9 juta pengikut dan 2 juta pendengar bulanan di profil Spotify solonya. Pada tahun 2019 kemarin, J-Hope sempat berkolaborasi dengan Becky G dan merilis single yang berjudul Chicken Noodle Soup. Single tersebut telah didengarkan selama 91 juta kali hingga saat ini.

2. RM

Penyanyi solo kedua yang paling banyak diikuti di spotify adalah RM yang merupakan leader dari boyband BTS. Hingga saat ini ia tercatat memiliki 5,3 juta pengikut dan 2,3 juta pendengar bulanan di Spotify. Belum lama ini ia berkolaborasi dengan artis solo Korea, eAeon dan mengeluarkan single berjudul “Don't”. Single ini telah berhasil melampaui 2,9 juta streaming di platform Spotify hingga saat ini.

3. Agust D

Anggota BTS Suga atau yang dikenal sebagai Agust D pada proyek solonya, memiliki 4,6 juta pendengar bulanan dan 2,6 juta pendengar di platform global Spotify. Proyek sekuel dari mixtape pertama Agust D itu yang berjudul Daechwita berhasil meraih lebih dari 100 juta streaming baru-baru ini.

4. IU

Penyanyi sekaligus penulis lagu serta aktris IU menjadi satu-satunya penyanyi wanita Solo Korea Selatan yang masuk dalam daftar lima artis solo Korea dengan pengikut paling banyak. Salah satu penyanyi Korea bergelar Digital Monster (Digimon) ini memiliki 3,9 juta pengikut dan 5,9 juta pendengar bulanan di Spotify. Bulan Maret 2021 kemarin, IU baru saja merilis album lengkap kelima barunya yang berjudul LILAC.

5. V

Posisi kelima dengan jumlah pengikut terbanyak di Spotify yaitu anggota BTS Kim Taehyung alias V. Ia berhasil mendapatkan posisinya melalui dua OST yang ia rilis. Walaupun belum pernah merilis single solo atau mixtape atau memulai debutnya sebagai artis solo, namun V telah memiliki jumlah pengikut sebanyak 3 juta dan pendengar bulanan 1,9 juta di profil solonya. OST Sweet Night-nya telah didengarkan lebih dari 125 juta kali di Spotify hingga saat ini.