Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

5 Olahraga Unik yang Dipertandingkan di SEA Games 2022 ke-31

Event14 May 2022

By Novita Angelina

5 Olahraga Unik yang Dipertandingkan di SEA Games 2022 ke-31

Setelah tertunda satu tahun akibat pandemi COVID-19, SEA Games 2021 akhirnya digelar di Vietnam. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini terdapat beberapa cabang olahraga baru yang unik yang belum pernah dipertandingkan di ajang SEA Games sebelumnya.


Acara SEA Games 2022 ini rencananya akan diselenggarakan dari tanggal 12 hingga 23 Mei mendatang di Hanoi, Vietnam. Jika Anda biasanya menyaksikan pertandingan olahraga umum seperti sepak bola, renang, atletik, dan bulu tangkis di ajang SEA Games tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Anda dapat melihat beberapa pertandingan unik yang dapat memperluas pengetahuan olahraga Anda. Olahraga apa saja itu, mari kita simak.

Vovinam

Olahraga tradisional Vietnam ini akhirnya mendapat tempat untuk ditandingkan di ajang SEA Games 2022. Nama Vovinam berasal dari kata "Vo", yang berarti "seni bela diri", dan "vinam" untuk "Vietnam". Olahraga ini sendiri diperkenalkan pada tahun 1938 oleh Nguyen Loc. Mereka mencoba menggabungkan kekuatan gulat tradisional dan seni bela diri Vietnam lainnya dan mengkodifikasikannya dalam disiplin baru.

Pertandingan ini akan menampilkan skenario serangan dan pertahanan, di mana seorang pemain bertahan melawan tiga orang lainnya dengan senjata. Kali ini Vietnam akan menghadapi persaingan ketat dari Myanmar, Laos, Kamboja, dan Indonesia.

E-Sports

SEA Games ke-31 menjadi kali kedua pertandingan E-Sports dipertandingkan setelah sebelumnya dimainkan di SEA Games 2019. Tidak disangka pertandingan ini mendapatkan animo yang sangat besar dari para penggemar untuk menonton pertandingan Dota 2 dan Starcraft II. Di tahun tersebut Filipina mendominasi perolehan medali dengan meraih tiga medali emas, disusul dengan Thailand yang mengantongi dua medali emas. Tahun ini rencananya terdapat sepuluh game yang akan dimainkan, seperti di antaranya League of Legends: Wild Rift dan Fifa Online 4.

Xiangqi

Olahraga yang biasanya dimainkan di Kawasan Pecinan Singapura ini lebih dikenal sebagai catur Cina. Pada pertandingan SEA Games Xiangqi, para atlet pria dan wanita akan bersaing dalam nomor tunggal selain pertandingan tim cepat dan sangat cepat, menurut Asosiasi Umum Xiangqi Singapura. Asosiasi tersebut didirikan pada tahun 1934 dan telah mengirim perwakilan ke kompetisi internasional selama beberapa dekade. Anda tentu tidak sabar melihat pertandingan yang cukup unik ini.

Finswimming

Cabang olahraga ini ternyata sudah dipertandingkan sejak SEA Games 2011 di Jakarta Palembang. Finswimming sendiri dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu dengan mengenakan monofin yang menyerupai ekor ikan dan yang lainnya dengan mengenakan bifin atau stereofins - yang biasanya digunakan oleh penyelam scuba. Menurut Dewan Olimpiade Asia, terdapat balapan permukaan, balapan "perendaman" yang berlangsung di bawah air dengan bantuan alat bantu pernapasan, serta balapan apnea di kedalaman 50m yang diselesaikan oleh perenang tanpa mengambil napas.

Aerobic Gymnastics

Anda mungkin terbiasa melihat senam artistik yang mengenakan dengan palang, balok keseimbangan ataupun senam ritmik yang menggunakan pita, tongkat, simpai dan bola. Olahraga unik ini menggabungkan gerakan-gerakan kompleks berintensitas tersebut dengan mengikuti alunan musik seperti pada senam aerobik. Gerakan-gerakan ini mencakup berbagai lompatan, tendangan, dan tampilan kekuatan serta kelenturan. Olahraga ini rancananya akan dipertandingkan dalam nomor individu, pasangan campuran, trio, dan grup di Quan Ngua Sports Palace.