Share
5 Masker Alami untuk Rambut agar Tampak Sehat Berkilau
Dewi Anggriani Siregar
20 April 2023

Rambut merupakan salah satu bagian penting dari tubuh yang wajib dijaga. Selain berfungsi sebagai pelindung kepala, rambut menjadi salah satu sumber kepercayaan diri seseorang. Namun, merawat rambut bisa dibilang bukanlah perkara yang mudah. Permasalahan rambut yang kerap muncul dapat menyebabkan kerusakan dan mengurangi tampilan serta keindahan rambut.


Saat ini sudah banyak produk–produk perawatan rambut unggulan, namun jangan salah, tidak hanya produk perawatan rambut yang diperjualbelikan, Anda juga bisa merawat rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang manfaatnya tidak kalah baik dari perawatan salon. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda jadikan masker rambut agar sehat dan berkilau.

Pisang


Pisang merupakan salah satu buah yang menyimpan segudang nutrisi. Pisang memiliki sifat menghidrasi dan melembapkan. Kandungan vitamin dan mineral dalam pisang juga berguna untuk memelihara dan memperkuat akar rambut.

Alpukat


Manfaat buah yang satu ini dalam dunia kecantikan tampaknya sudah tidak diragukan lagi. Selain memiliki banyak manfaat untuk kulit, alpukat juga dapat dijadikan bahan alami untuk merawat rambut Anda. Mengandung lemak sehat yang cukup tinggi, alpukat memiliki sifat antioksidan, anti peradangan, dan mengandung nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan rambut.

Yoghurt


Bahan selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan untuk masker rambut adalah yoghurt. Selain baik dikonsusmsi untuk tubuh, yoghurt ternyata dapat membuat rambut menjadi lebih bekilau. Kandungan probiotik yoghurt dapat membantu mengatasi ketombe dan membuat rambut tetap terhidrasi

Minyak Zaitun


Minyak zaitun kaya memiliki kandungan yang kaya akan asam oleat, asam palmitat dan squalene. Ketiga kandungan ini dapat membantu melembutkan dan membuat rambut lebih berkilau serta memperbaiki rambut kering serta kusam.

Madu


Madu memiliki manfaat yang baik untuk rambut jika diaplikasikan sebagai hair mask. Madu dapat membantu meningkatkan kelembapan rambut serta menjaganya agar tetap terhidrasi. Dikuutip dari SehatQ, sebuah riset yang dimuat dalam Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products menyebutkan bahwa manfaat madu dapat memperkuat rambut.