5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut yang Perlu Anda Ketahui
Bunga Revina
24 August 2022

Minyak kelapa sudah sejak lama diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan rambut. Simak beberapa manfaat tersebut di bawah ini!


Beragam manfaat yang dimiliki minyak kelapa sudah sejak lama dipercaya, salah satunya manfaat untuk rambut. Minyak kelapa merupakan minyak nabati yang dihasilkan dari daging buah kelapa yang di dalamnya kaya akan kandungan vitamin, asam lemak, asam laurat, dan antioksidan yang tentunya baik untuk kesehatan rambut.

Minyak kelapa sering digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut seperti kusut, rontok, kusam, ketombe, dan masih banyak lagi. Maka, tak heran jika minyak kelapa ini sering dijadikan bahan utama dalam banyaknya produk perawatan rambut.

Berikut beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut Anda.

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Di dalam minyak kelapa mengandung asam lemak yang berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala serta membantu merangsang pertumbuhan rambut. Asam lemak tersebut juga memiliki peran dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

2. Mengurangi ketombe

Adanya ketombe dapat disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebih pada kulit kepala. Maka itu, kandungan antimikroba pada minyak kelapa dipercaya dapat membunuh jamur yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Selain itu, asam laurat dalam minyak kelapa juga dapat membantu mengendalikan produksi sebum yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe.

3. Mencegah kerusakan rambut

Berbeda dengan minyak pada umumnya, minyak kelapa ini sangat mudah diserap oleh rambut. Oleh sebab itu, kelembaban pada rambut dapat selalu terjaga dan dapat terhindar dari pembentukan rambut cabang.

4. Membuat rambut berkilau

Kandungan asam lemak pada minyak kelapa telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk membuat rambut tampak berkilau. Minyak kelapa ini mampu melapisi dan menembus batang rambut untuk menjaganya tetap lembab.

5. Menutrisi rambut

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E, asam lemak esensial, lemak jenuh, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut. Kandungan ini dapat membantu rambut agar tetap ternutrisi dan melindungi rambut dari kerusakan karena paparan sinar UV.