Share
5 Manfaat Charcoal untuk Perawatan Kulit Wajah Berseri
Yesica Kirana
16 October 2024

Charcoal mampu menghasilkan residu karbon murni dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kemampuannya menyerap racun dalam tubuh. Oleh karena itu, charcoal sering digunakan dalam berbagai produk kecantikan dan kesehatan.


Charcoal adalah serbuk hitam yang dikenal sebagai arang aktif, berasal dari tempurung kelapa sawit tua atau bambu, serta tidak berbau dan tidak berasa. Serbuk ini mengandung vitamin C, niasin, thiamine (vitamin B1), serta zat-zat lain yang bermanfaat. Karena itu, charcoal memiliki sifat antibakteri yang kuat dan mampu membantu menyerap racun serta zat berbahaya dalam tubuh, dan menjadikannya untuk berbagai produk kecantikan.

Selain itu charcoal banyak digunakan dalam perawatan kulit wajah. Kandungan zat aktif dalam charcoal efektif dalam membersihkan pori-pori secara mendalam, menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati. Hal ini membantu mencegah timbulnya jerawat, komedo, serta masalah kulit lainnya. Selain itu, charcoal membantu meratakan warna kulit dan memberikan tampilan kulit yang lebih cerah serta segar.

maskerrr

Berikut beberapa manfaat charcoal untuk perawatan kulit yang perlu Anda ketahui:

Membersihkan kulit wajah

Charcoal berfungsi untuk membersihkan kotoran dan racun dari kulit wajah.

Mencegah jerawat

Dengan membersihkan pori-pori secara keseluruhan, charcoal dapat membantu mencegah jerawat dan mengurangi komedo. Anda dapat menggunakan masker wajah yang mengandung kandungan charcoal untuk hasil yang lebih maksimal.

Mengontrol minyak berlebih

Tidak perlu menggunakan kertas minyak dalam jumlah banyak. Cukup gunakan produk kecantikan yang terdapat kandungan charcoal, karena sangat efektif untuk kulit berminyak dan dapat menyerap minyak berlebih tanpa membuat kulit kering.

Mengatasi kulit kusam

Penggunaan charcoal secara rutin dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit tampak lebih cerah.

Menenangkan kulit iritasi sifat antibakteri dan anti-inflamasi charcoal juga membantu meredakan iritasi dan peradangan pada kulit. Hal ini dapat dibantu dengan mengkonsumsi pola hidup sehat dan teratur.