Share
Bukan Skincare, Ini 5 Makanan Sumber Kolagen untuk Kulit Cantik dan Sehat
Larasati Oetomo
17 September 2020

Tidak banyak tahu bahwa kunci meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh terdapat pada makanan, bukan produk kecantikan.


Kolagen menjadi salah satu primadona kesehatan kulit dalam beberapa tahun terakhir. Bagaimana tidak? kolagen merupakan salah satu bentuk protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, meregenerasi sel kulit mati, dan menjaga otot serta tulang tetap sehat. Kolagen merupakan nutrisi yang bisa membantu melawan penuaan sel.

Dengan keajaiban dari kolagen, banyak perusahaan kecantikan yang berlomba-lomba untuk menjadikan kolagen sebagai bahan aktif yang digadang-gadang dalam produk kecantikan.

Namun, penggunaan kolagen secara topikal kurang efektif karena tidak dapat terserap oleh kulit dengan baik. Di sisi lain, semakin bertambahnya umur, kulit kita akan kehilangan produksi kolagen – maka dari itu, diperlukan adanya sumber kolagen secara eksternal.

Berikut adalah beberapa bahan-bahan makanan yang memicu pembentukan kolagen:

Salmon

Salmon diketahui secara global sebagai makanan yang kaya nutrisi. Zink yang terkandung di salmon membantu mengaktifkan kolagen. Pada dasarnya, tipe ikan “berminyak” seperti salmon atau tuna disebut kaya akan zat aktif pembentukan kolagen.

Buah Beri

Tipe asam yang terkandung dalam tipe buah beri mencegah kerusakan kolagen akibat sinar UV. Tidak heran jika buah beri merupakan ratu dari segala buah-buahan.

Sup Kaldu

Terbuat dari tulang, sum sum, dan beberapa jaringan halus lainnya dari ayam, kalkun, atau daging sapi, sup kaldu merupakan salah satu pilihan makanan yang mengandung kolagen dan dapat langsung diserap oleh tubuh.

Bawang Putih

Bawang putih dan sayuran sejenis kaya akan sulfur baik yang mampu meningkatkan aktivasi kolagen dalam tubuh.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin ini juga membantu memecah proses penuaan yang mencegah kolagen untuk terurai. Asam lemak dalam alpukat juga menjadi sumber kolagen yang dicari-cari.