Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

5 Kuliner Lezat Khas Bali yang Wajib Dicoba

Wine & Dine04 March 2022

By Dewi Anggriani Siregar

5 Kuliner Lezat Khas Bali yang Wajib Dicoba

Bali memiliki segudang daya tarik yang tak pernah habis memanjakan hati para pengunjungnya. Salah satunya dalam hal cita rasa makanan.


Bali menjadi salah satu pulau yang tidak pernah kehabisan cara untuk menarik perhatian banyak orang. Mulai dari panorama alam yang indah, keragaman budaya, hingga makanan yang mampu memanjakan lidah para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu makanan khas Bali yang terkenal dengan kenikmatannya adalah ayam betutu. Namun tahukan Anda bahwa Pulau Dewata ini masih menyimpan segudang makanan yang tidak kalah nikmat dan menggugah selera. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Bali yang wajib anda coba.

1. Sate Lilit

Sate biasanya terbuat dari potongan-potongan daging kecil yang ditusuk, namun sate yang satu ini memiliki bentuk yang unik. Sate ini terbuat dari daging ikan atau ayam yang digiling bersama bumbu dan rempah khas bali. Berbeda dengan sate pada umumnya yang ditusuk menggunakan bambu, daging sate yang telah halus dililit pada batang serai yang akan menambah aroma khas dan cita rasa yang berbeda.

2. Sambal Matah

Siapa yang tidak mengenal sambal matah? Sambal yang diolah secara mentah ini terdiri dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, serai, jeruk limo, daun jeruk dan minyak kelapa. Semua bahan dipotong kemudian dicampur tanpa ditumbuk terlebih dahulu. Sambal khas bali ini biasanya dihidangkan dengan ayam betutu, bebek, atau sate lilit. Perpaduan rasa sambal yang pedas dan segar tentu akan menambah selera makan Anda.

3. Nasi Campur Bali

Persis seperti namanya, makanan khas Pulau Dewata yang satu ini terdiri dari berbagai campuran lauk yang disantap bersama nasi putih. Lauk yang biasa disajikan dalam hidangan ini mulai dari sate lilit, ayam suwir, urap, lawar ayam, sambal matah, sambel embe, dan masih banyak lagi.

4. Rujak Bulung

Jika rujak yang biasa Anda jumpai terbuat dari aneka potongan sayur dan buah-buahan. Maka berbeda dengan rujak yang satu ini. Rujak Bulung merupakan rujak yang menggunakan rumput laut sebagai bahan utamanya. Jenis rumput laut yang digunakan adalah bulung boni. Rumput laut ini memiliki banyak kandungan yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan. Rujak boni ini disantap dengan kuah pindang, cabe rawit, parutan kelapa bakar, dan parutan lengkuas. Perpaduan rasa pedas dan kenyalnya rumput laut menjadi keunikan tersendiri bagi rujak yang satu ini.

5. Laklak

Tidak hanya kaya akan cita rasa bumbu dan rempah, Bali juga memiliki jajanan tradisional yang manis dan gurih. Kue yang satu ini terbuat dari campuran tepung terigu dan santan lalu disantap bersama siraman gula merah serta parutan kelapa. Warna hijau pada jajanan khas bali ini berasal dari pewarna alami daun suji. Laklak diolah dengan cara dipanggang di atas tungku kayu bakar yang membuatnya memiliki aroma dan rasa sedap yang khas. Sekilas, Laklak tampak sangat mirip dengan kue surabi khas Jawa Barat.