5 Hal yang Harus Diterapkan Saat Berangkat Vaksin untuk Lansia

Wellness26 February 2021

By Annisa Laksmintari

5 Hal yang Harus Diterapkan Saat Berangkat Vaksin untuk Lansia

Meskipun pandemic global COVID-19 masih merajalela, namun bulan ini ada suatu titik terang baru. Vaksinasi di Indonesia telah memasuki tahapan kedua, yaitu bagi kelompok lansia dan petugas pelayanan public.

Bagi anda atau orangtua anda yang telah mendaftar dan mendapat giliran untuk vaksinasi, tentulah harus tetap berhati-hati saat di tempat vaksinasi. Untuk menjaga kesehatan anda, ada beberapa langkah persiapan diri yang perlu dipersiapkan dan diterapkan agar terhindar dari coronavirus.


- Memakai Perlengkapan Perlindungan Diri Lengkap

Untuk menjaga kesehatan diri, gunakanlah perlengkapan perlindungan diri yang lengkap. Kenakanlah masker medis, yang dilapis dengan masker katun. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat, double-masking atau menggunakan masker ganda berupa masker medis yang dilapis dengan masker katun, dapat mengurangi paparan partikel coronavirus secara substansial, yaitu sebesar 95%.

Selain itu, tambahkanlah lapisan perlindungan diri anda dengan face shield, serta tutup kepala dan topi.

- Membawa Ballpoint Sendiri

Di tempat vaksin, tentu akan ada berkas-berkas yang harus ditandatangani. Mungkin juga harus bersentuhan dengan benda-benda yang banyak disentuh orang. Oleh karena itu lengkapilah persiapan anda dengan membawa ballpoint sendiri serta hand sanitizer sendiri untuk meminimalisir kontak.

- Menyiasati Lapar dan Haus

Menunggu giliran untuk vaksin, akan ada kemungkinan timbul rasa lapar dan haus anda. Sedangkan untuk makan dan minum, anda akan harus melepas perlengkapan perlindungan diri anda seperti masker dan face shield, yang akan meningkatkan resiko terhadap kesehatan anda. Untuk itu, makanlah sebelum anda berangkat ke tempat vaksinasi agar tidak lapar. Siapkanlah tumbler dengan sedotan agar ada dapat minum di tampat vaksinasi dengan cara menyisipkan sedotan tersebut ke dalam masker anda untuk menyeruput air tanpa melepas masker.

- Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Ingatlah untuk selalu disiplin menjaga jarak, meminimalisir ngobrol-ngobrol, menggunakan hand sanitizer secara rutin, dan menghindari melepas masker selama di tempat vaksinasi.

- Segera Membersihkan Badan Setiba di Rumah

Walau sudah divaksin, tak berarti anda langsung kebal terhadap coronavirus. Segeralah mandi dan berganti baju yang bersih, serta mencuci pakaian yang anda kenakan ke tempat vaksinasi.