5 Fakta di Balik Pengunduran Diri Meghan Markle dan Pangeran Harry dari Anggota Senior Kerajaan

Event09 January 2020

By Larasati Oetomo

5 Fakta di Balik Pengunduran Diri Meghan Markle dan Pangeran Harry dari Anggota Senior Kerajaan

Belum lama ini, akun Instagram resmi Sussex Royals mengumumkan bahwa Duke dan Duchess of Sussex memutuskan untuk “mundur” sebagai anggota senior kerajaan.


Dalam keterangan foto yang dikirim ke laman Instagram resmi @sussexroyal, keduanya menyebutkan bahwa “setelah berbulan-bulan merefleksikan diri dan berdiskusi secara pribadi, (...) kami memutuskan untuk mundur sebagai anggota ‘senior’ Royal Family dan bekerja agar dapat mandiri secara finansial, sementara tetap mendukung penuh Baginda Ratu.”

“After many months of reflection and internal discussions, we have chosen to make a transition this year in starting to carve out a progressive new role within this institution. We intend to step back as ‘senior’ members of the Royal Family and work to become financially independent, while continuing to fully support Her Majesty The Queen. It is with your encouragement, particularly over the last few years, that we feel prepared to make this adjustment. We now plan to balance our time between the United Kingdom and North America, continuing to honour our duty to The Queen, the Commonwealth, and our patronages. This geographic balance will enable us to raise our son with an appreciation for the royal tradition into which he was born, while also providing our family with the space to focus on the next chapter, including the launch of our new charitable entity. We look forward to sharing the full details of this exciting next step in due course, as we continue to collaborate with Her Majesty The Queen, The Prince of Wales, The Duke of Cambridge and all relevant parties. Until then, please accept our deepest thanks for your continued support.” - The Duke and Duchess of Sussex For more information, please visit sussexroyal.com (link in bio) Image © PA

A post shared by The Duke and Duchess of Sussex (@sussexroyal) on

Mereka juga menambahkan bahwa mereka berencana untuk meluncurkan organisasi kemanusiaan baru mereka, berharap untuk tetap bekerja sama dengan Kerajaan Inggris, serta membagi waktu secara seimbang di Britania Raya dan Amerika Utara.

Disebutkan oleh sumber kerajaan bahwa terdapat kemungkinan anggota kerajaan tidak mengetahui rencana ini sebelumnya. Meskipun demikian, beberapa jam setelah Sussex Royals merilis pengumuman mengejutkan ini, Istana Buckingham segera merespons di laman royal.uk:

Dalam rilis singkat tersebut, Kerajaan menyatakan bahwa “diskusi dengan Duke dan Duchess of Sussex masih berada di tahap awal. Kami memahami keinginan mereka untuk melakukan pendekatan berbeda, namun isu ini cukup rumit dan membutuhkan waktu untuk diselesaikan.”

Baiklah, apa yang sebenarnya terjadi? HighEnd mencoba menjawab rasa penasaran Anda:

Apa yang dimaksud dengan “mundur” sebagai anggota senior kerajaan?

Sejarawan dan ahli Kerajaan Inggris Marlene Koenig via TIME menyatakan bahwa “mundur” memiliki makna berbeda dengan pencoretan nama di anggota kerajaan, dan tak satupun anggota sebelumnya pernah melakukan hal ini. Ini berarti Meghan dan Harry “melakukan tugas Kerajaan dengan caranya sendiri.”

Apakah itu artinya Meghan dan Harry akan menanggalkan titel mereka?

Tidak. Mereka tetap menyandang gelar Duke dan Duchess of Sussex, hanya saja mereka dapat hidup dengan lebih privat dan memiliki pekerjaan di luar Kerajaan Inggris. Beberapa anggota Kerajaan saat ini juga menjalani hidup demikian.

Apa yang dimaksud dengan “independen secara finansial”?

Menurut laman sussexroyal.com, 95% pendapatan Meghan Markle dan Pangeran Harry berasal dari ekspenditur kantor atau alokasi dari Pangeran Charles untuk anak laki-lakinya. Jumlah ini belum termasuk harta warisan seperti warisan dari Putri Diana. “Independensi” yang dimaksud adalah melepaskan diri dari alokasi Sovereign Grant sebesar 5% yang selama ini membiayai mereka.

Mengapa membagi waktu di Britania Raya dan Amerika Utara?

Belakangan ini, keduanya menghabiskan waktu di Kanada untuk berlibur. Selain sebagai anggota dari Persemakmuran Inggris, Kanada dianggap sebagai tempat yang lebih aman dari mata publik dibandingkan kampung halaman Meghan, yakni AS. Mereka juga ingin mengenalkan kedua budaya kepada anak mereka Archie.

Mengapa mereka memutuskan mundur?

Sejak awal, Meghan dan Harry dikenal sebagai anggota kerajaan yang sering kali “melanggar” tradisi. Keputusan ini dibuat salah satunya disebabkan oleh perbedaan pandangan Sussex Royals tentang isu kemanusiaan dan relasi dengan pers. Diyakini oleh Koenig bahwa keduanya memiliki fokus berbeda dalam tugas-tugas kemanusiaan serta lebih memercayai jurnalisme yang lebih “muda” dan terbuka dibandingkan terus bekerja sama dengan Royal Rota.