5 Cara Memperbaiki Kualitas Udara dalam Rumah, Ini Tipsnya

Wellness02 September 2021

By Annisa Laksmintari

5 Cara Memperbaiki Kualitas Udara dalam Rumah, Ini Tipsnya

Seringkali kita menganggap sepele kualitas udara dalam rumah. Namun dengan adanya pandemi global belakangan ini, menunjukkan pentingnya menjaga semua area di dalam rumah agar sebersih dan seaman mungkin, termasuk udara.

Kualitas udara sedikit banyak mempengaruhi kesehatan anda, dan semenjak pandemic banyak diantara kita yang banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Seperti yang dilansir dari realsimple.com, dampak kecil dari kualitas udara dalam ruangan yang tidak sehat termasuk sakit kepala; iritasi pada telinga, hidung, dan tenggorokan Anda; dan pusing, antara lain—tetapi efek yang lebih serius dapat mencakup kanker dan penyakit pernapasan. Berikut beberapa ide untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

  1. Alirkan udara segar

Meningkatkan kualitas udara dalam rumah dapat dilakukan dengan langkah sederhana seperti membuka jendela untuk ventilasi, dan menggantikan udara dalam rumah dengan udara segar. Namun, langkah ini sangatlah tergantung pada cuaca, kelembaban, polusi, tingkat serbuk sari, dan faktor lokal lainnya di luar.

  1. Gunakan filter udara berkualitas dan rajin menggantinya

Semakin tinggi kualitas filter udara dan kemampuannya untuk menyaring, tentu semakin banyak partikel yang akan ditangkapnya. Namun, hal ini juga akan mengakibatkan filter tersumbat lebih cepat, dan membutuhkan penggantian yang lebih sering agar tetap efektif. Disarankan untuk mengganti filter udara Anda setiap 30 hari atau lebih (atau jika Anda memiliki filter berkapasitas lebih besar, setiap enam bulan). Siapkan filter pengganti sehingga Anda memilikinya saat Anda membutuhkannya.

  1. Batasi wewangian

Sayangnya, lilin wangi, penyegar udara, diffuser dapat berkontribusi terhadap memburuknya kualitas udara dalam rumah anda. Beberapa mengandung senyawa organik yang mudah menguap (Volatile Organic Compounds/VOC)—seperti formaldehida, benzena, dan toluena—yang dapat berbahaya bagi kesehatan Anda, menyebabkan sakit kepala dan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan Anda. Banyak produk pembersih, desinfektan, kosmetik, degreasing, dan hobi juga mengandung VOC.

  1. Merawat tanaman hias

Tanaman dalam ruangan tak hanya menambah keasrian dan daya tarik visual ke ruang manapun, namun juga dapat membantu meningkatkan oksigen di dalam rumah Anda dan memurnikan udara. Tanaman membantu menyaring polutan yang berasal dari dalam rumah Anda, termasuk yang berasal dari kayu, produk pembersih, furnitur, sampah, karpet, gas alam, dan banyak lagi

  1. Periksa saluran-saluran di rumah Anda

Bersihkan saluran udara (air ducts) pada rumah anda dari debu-debu secara berkala. Pastikan saluran ventilasi diatas kompor bekerja dengan baik dan dibersihkan dari kotoran dan minyak sesering mungkin. Segala alas atau penutup lantai juga harus sering dibersihkan dari debu, kotoran, bulu hewan piaraan, dan lain-lain.