5 Cara Memanfaatkan Pisang Terlalu Matang Untuk Kecantikan Kulit Anda

Beauty11 December 2020

By Annisa Laksmintari

5 Cara Memanfaatkan Pisang Terlalu Matang Untuk Kecantikan Kulit Anda

Terkadang, pisang rasanya terlalu cepat matang. Sayangnya, tak semua orang gemar memakan pisang yang sudah terlalu kematangan karena teksturnya yang lembek, dan kecoklatan. Banyak resep untuk memanfaatkan pisang yang terlalu matang, contohnya banana bread yang memang menggunakan pisang yang telah kecoklatan.

Namun bagi yang kurang menyukai pisang dalam bentuk olahannya, dapat memanfaatkan pisang yang sudah terlalu matang untuk perawatan kulit. Kandungan vitamin dan mineral dalam pisang sangatlah tinggi, sehingga sering menjadi bahan andalan dalam perawatan kulit alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah.


1. Masker wajah

Manjakan kulit wajah anda dengan masker pisang yang berkhasiat. Pisang merupakan salah satu buah yang sering digunakan sebagai bahan dasar masker karena kandungan nutrisinya. Tambahkan seperempat cup yogurt plain dan 2 sendok makan madu pada masker pisang Anda. Campurkan, lalu oleskan lapisan yang tebal pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Masker Kaki

Selain di wajah, masker pisang dan madu ini juga bisa digunakan untuk melembutkan kulit telapak kaki yang kasar dan pecah-pecah. Campurkan setengah pisang dengan beberapa tetes madu, lalu oleskan masker pada telapak kaki. Bungkus kaki dengan plastik selama 10 menit, lalu bilas.

3. Scrub Wajah

Pisang yang sudah terlalu matang akan bertekstur lembek, sehingga cocok untuk dijadikan masker wajah. Dicampur dengan sedikit gula pasir, akan menjadi scrub wajah yang kaya akan nutrisi. Pisang mengandung banyak vitamin A, B, E, dan juga kalium. Kulit anda akan terasa segar dan halus!

4. Obat Jerawat

Kulit pisang pun banyak mengandung nutrisi. Selain vitamin-vitamin, kulit pisang juga mengandung kalium, zinc, zat besi dan manganese, yang dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi jerawat. Ambil sepotong kecil kulit pisang dan tempelkan pada bagian kulit yang sedang berjerawat.

5. Masker Rambut

Hanya diperlukan dua bahan untuk masker rambut dan waktu aplikasi selama 15 menit untuk rambut halus dan bercahaya. Pisang, dicampurkan dengan minyak zaitun (olive oil) akan menghasilkan masker rambut alami yang luar biasa khasiatnya untuk rambut kering dan rusak.