5 Cara Baru untuk Silaturahmi Lebaran Selama Pembatasan Sosial

Relationship15 May 2020

By Larasati Oetomo

5 Cara Baru untuk Silaturahmi Lebaran Selama Pembatasan Sosial

Tak ada momen yang lebih indah untuk menyambung tali maaf dan silaturahmi selain Hari Lebaran. Meskipun demikian, pandemi dan kebijakan pembatasan sosial yang masih berlangsung membuat Lebaran tahun ini berbeda.


Demi melindungi sanak saudara dari risiko penyakit menular, ada baiknya kita menahan diri untuk tetap berada di rumah bahkan saat Lebaran. Memang tidak ada yang dapat mengalahkan momen kebersamaan di waktu lebaran terutama ketika salat ied, bermaaf-maafan, dan berkumpul bersama sanak saudara, namun terdapat berbagai cara alternatif yang tak kalah membekas di ingatan.

Berikut HighEnd kumpulkan beberapa cara unik untuk menyambung tali silaturahmi saat lebaran dan trik persiapannya:

#1 BERTUKAR FOTO KELUARGA SEBAGAI PENGGANTI KARTU LEBARAN

Bertukar foto keluarga di hari besar umum dilakukan oleh berbagai budaya dan agama di dunia, misalnya tradisi kartu natal khas anggota keluarga kerajaan Inggris. Cobalah buat janji dengan teman-teman dan keluarga besar untuk bertukar foto keluarga, lengkap dengan desain dan pesan yang cantik. Agar membuatnya semakin unik, Anda bisa menggunakan foto lucu, “gagal”, throwback, dan lain sebagainya.

#2 POTLUCK JARAK JAUH

Apalah makna Lebaran tanpa berbagi? Mengingat bahwa kita sedang tidak bisa berkumpul dan makan bersama, ada baiknya saling mengirim masakan khas rumah masing-masing kepada kerabat. Perhatikan penyimpanan, durasi, dan waktu pengiriman—hindari tanggal dan jam sibuk seperti hari-H Lebaran dan pastikan makanan tetap higienis dan layak konsumsi. Jangan lupa juga untuk membagi sebagian untuk sang kurir.

#3 MENULIS SURAT

Kapan terakhir kali Anda menulis surat untuk orang tua, kerabat jauh, dan teman lama? Meskipun terkesan sepele dan kuno, surat yang ditulis tangan memberi kesan yang tulus dan mendalam bagi pembacanya. Sisipkan sebuah surat di antara isi parsel atau bunga yang dikirim untuk kerabat.

#4 SIARAN LANGSUNG

Tradisi menahun seperti mengunjungi kerabat tertua, berdoa dan beribadah bersama, serta saling memohon maaf tak mudah untuk dilewatkan. Berdiskusilah bersama keluarga besar untuk mempersiapkan conference call Lebaran dari rumah anggota keluarga yang dituakan, diikuti oleh anggota keluarga lain sebagai anggota.

#5 JAGA KEKHUSYUKAN

Anda pasti akan sibuk bersilaturahmi dengan keluarga, sahabat, maupun kekasih pada hari-H Lebaran. Percayalah, tak hanya Anda, mereka pun juga akan sibuk untuk menjawab dan membuat video call. Tahan diri untuk tidak menelepon secara mendadak dan utamakan untuk membuat janji terlebih dahulu sebelum hari-H. Begitu pun Anda perlu memastikan durasi dan jam yang tepat untuk menghabiskan waktu di depan layar. Kita tentu tidak ingin hari yang khusyuk jadi ruwet akibat banjir video call sepanjang hari.

Foto UNSPLASH