5 Bahan Alami untuk Kembalikan Rambut Indah, Tanpa Efek Samping

Beauty27 August 2021

By Clara E.B Sagala

5 Bahan Alami untuk Kembalikan Rambut Indah, Tanpa Efek Samping

Bahan-bahan alami berikut ini mudah didapatkan di sekitar kita, serta dapat membuat rambut sehat, cantik, dan berkilau alami tanpa memberikan efek samping.


Belakangan ini begitu banyak produk perawatan yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Menurut penelitian, dalam produk perawatan rambut seperti shampoo, conditioner ataupun hair mask yang mengandung sekitar 10 hingga 30 jenis bahan kimia berbeda, yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan rambut kering. Beruntungnya, di sekitar kita terdapat beberapa bahan alami yang dapat merawat serta memperbaiki kesehatan rambut. Kira-kira apa saja mereka? Berikut beberapa bahan-bahan alami untuk perawatan rambut.

Aloe Vera

Bahan alami satu ini sudah terkenal memiliki begitu banyak manfaat. Tidak hanya menutrisi kulit, tetapi juga bermanfaat untuk rambut. Lidah buaya menjaga rambut tetap terhidrasi, menghaluskan, meningkatkan pertumbuhan, serta membantu menguatkan rambut.

Tak hanya itu, kandungan antibakteri dan antijamur yang dimiliki lidah buaya, dapat mengurangi ketombe pada rambut. Oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut, beberapa kali dalam seminggu atau gunakan shampo dan conditioner yang memiliki kandungan lidah buaya di dalamnya.

Rosemary Oil

Bagi Anda yang mengalami kerontokan rambut dan ingin meningkatkan pertumbuhannya, rosemary oil adalah jawabannya. Sebuah penelitian menyatakan bahwa minyak alami mampu merangsang pertumbuhan rambut baru. Campurkan satu sampai dua tetes rosemary oil ke dalam minyak campuran, seperti coconut oil, lalu teteskan pada rambut serta pijat lembut di bagian kulit kepala dan kemudian bilas rambut hingga bersih. Anda juga bisa menambahkan satu atau dua tetes rosemary oil ke dalam shampo atau conditioner yang Anda gunakan untuk dapatkan hasil yang optimal.

Madu

Madu dapat mencegah kerusakan dan mengembalikan kesehatan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya berfungsi untuk mengatasi kerusakan rambut akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Dengan kata lain, madu dapat memperbaiki kerusakan rambut akibat terlalu lama terpapar sinar matahari dan polusi lingkungan.

Selanjutnya, sifat humektan pada madu berguna untuk mempertahankan kelembaban pada rambut. Oleskan madu pada batang rambut dan Anda dapat merasakan perubahan signifikan pada berkurangnya kerontokan rambut serta berkurangnya rasa gatal akibat ketombe dalam empat minggu.

Argan Oil

Salah satu bahan alami yang sudah terkenal untuk merawat rambut rusak yaitu argan oil. Kaya akan vitamin E, asam oleat, dan asam linoleat, minyak argan dapat meresap ke dalam rambut yang rusak dan mengurangi kekeringan. Sebuah studi pada tahun 2013 yang terangkum dalam Journal of Cosmetics mencoba menguji keefektifan minyak argan pada rambut yang diwarnai. Para ahli menemukan bahwa minyak argan efektif dalam mencegah kehilangan protein dan mengurangi kerusakan yang biasanya disebabkan oleh pewarna rambut serta mengembalikan kilau pada rambut.

Avocado Oil

Avocado oil adalah bahan alami yang secara spesifik dapat membantu menghidrasi batang rambut, sehingga rambut tampak lebih halus dan lembut. Selain itu minyak ini juga memiliki manfaat sebagai hair protector yang dapat mencegah kerusakan rambut akibat heat styling. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu melindungi rambut dari radikal bebas.