Share
4 Tips untuk Fokus Belajar Agar Lebih Efektif ala Maudy Ayunda
Shela Dhamayanti
14 April 2022

Maudy Ayunda terkenal sebagai seorang aktris yang cantik dan pintar. Ia berhasil menyelesaikan pendidikan S1 di Oxford University jurusan Philosophy, Politics, Economics (PPE) hanya dalam kurun waktu tiga tahun dengan nilai sempurna (cumlaude) serta menyelesaikan pendidikan S2 di Stanford University jurusan Administrasi Bisnis dan Pendidikan dalam kurun waktu 2 tahun.


Setiap individu memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda secara alami. Belajar merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar bisa terus berkembang. Ketika Anda sungguh-sungguh melakukannya, maka setiap materi yang dipelajari akan mudah dipahami. Walaupun beberapa orang masih banyak yang merasa kurang efektif untuk memahami materi yang sedang dipelajari.

Belajar secara efektif sebenarnya bukan berarti harus selalu dengan berusaha keras, tetapi identik dengan kegigihan dan kesungguhan hati. Untuk meraih keberhasilan, orang-orang biasanya melakukan pengorbanan seperti membaca dan menghafal, tetapi tak jarang mereka biasanya mengalami kesulitan dalam memahami. Maka dari itu, inilah beberapa tips belajar efektif ala Maudy Ayunda.

1. Mencatat

Mencatat kembali materi yang sedang dipelajari perlu dilakukan, karena ini akan membantu untuk fokus pada intinya. Tidak perlu mencatat semuanya, Anda hanya catat bagian point penting dalam materi tersebut.

2. Memahami bukan menghafal

Tips dari Maudy adalah belajar adalah untuk memahami materi yang sedang dipelajari dan bukan menghafal. Menghafal akan membuat Anda menjadi tidak mengerti pada poin inti materinya serta tidak memahami konsep dengan baik.

3. No Phone or distraction

Agar selalu fokus pada materinya, tips dari Maudy hindari menggenggam ponsel atau alat elektronik lainnya. Bagi Maudy ketika ada distraksi akan sulit untuk konsentrasi belajar.

4. Take a Break

Maudy juga mengatakan bahwa perlu untuk istirahat sejenak agar otak dapat kembali fresh. Menurut seorang penulis bernama William H. Armstrong dari Amerika yang terdapat dalam bukunya yang berjudul Study is Hard Work, arti kata belajar keras juga ternyata membahayakan nyawa. Oleh karena itu, lebih baik Anda mencari udara segar atau melakukan kegiatan santai agar pikiran Kembali jernih.

BACA JUGA: Tips yang Harus Anda Lakukan Jika Ingin Menjadi High Value Woman