4 Tips Merawat Janggut Agar Terlihat Rapi dan Maskulin

Men's Corner13 January 2021

By Rahayu Indah

4 Tips Merawat Janggut Agar Terlihat Rapi dan Maskulin

Memiliki rambut di wajah alias janggut dipercaya meningkatkan maskulinitas pada pria. Kali ini kami berbagi tips perawatan untuk Anda yang memiliki janggut.


Menumbuhkan rambut di wajah atau yang dikenal dengan istilah "berewok" adalah salah satu gaya yang dapat dicoba bagi Anda para pria pada tahun 2021. Memiliki berewok dapat mempengaruhi penampilan Anda, dan tentunya akan memberikan kesan yang baru bagi Anda yang belum pernah mencobanyanya sama sekali. Bagi sebagian orang, melihat pria yang memiliki berewok akan memberikan kesan yang lebih maskulin.

Bagi Anda yang sudah memiliki berewok, Anda perlu memastikan apakah rambut-rambut di sekitaran dagu dan kulit Anda sudah cukup sehat. Memiliki berewok bukan hanya sekadar menumbuhkannya saja, namun Anda perlu merawatnya agar tetap sehat, sama halnya seperti rambut Anda. Berikut cara-cara yang tepat untuk merawat janggut Anda:

1. Gunakan Shampoo Khusus

Merawat janggut apalagi yang mulai memanjang perlu menggunakan sampo khusus. Anda bisa berhenti menggunanakan sampo rambut kepada janggut Anda, hal ini karena sampo rambut dapat membuat kulit di sekitar janggut Anda menjadi kering. Anda dapat mencari sampo khusus janggut, yang berfungsi untuk membersihkan sekaligus menguatkan akar janggut.

2. Pisau Cukur Cukup Penting

Pisau cukur memiliki peran penting dalam perawatan berewok, bukan hanya pisaunya melainkan mulai dari shaving foam sampai after shave. Setiap pria memiliki perlengkapan cukur yang sudah cocok dan nyaman untuk digunakan masing-masing. Ketika Anda memperhatikan perlengkapan cukur Anda, kami sarankan juga untuk Anda memperhatikan pinggiran bulu, dan janggut di leher untuk bisa Anda rapihkan sesuai kebutuhan.

3. Gunakan Pelembab Khusus

Dalam merawat janggut terdapat berbagai produk pembebab yang dapat menjaga rambut di wajah agar tidak terlihat kering. Pelembab yang bisa Anda gunakan terbagi menjadi dua jenis, Anda bisa memilih untuk menggunakan dalam bentuk minyak maupun krim. Pelembab khusus tersebut tentunya akan berdampak untuk kesehatan rambut di wajah Anda dan juga kulit pada daerah tersebut.

4. Jangan Lupa Menjaga Kebersihan Mulut

Terkadang, kehadiran rambut di wajah diperlukan perhatian juga dalam menjaga kebersihan mulut. Rambut di area mulut sangat rentan terhadap hadirnya bakteri, hal ini sangat tidak baik untuk Anda sendiri. Maka dari itu, alangkah lebih baik untuk Anda merawat kebersihan daerah mulut dengan gosok gigi dua kali sehari, berkumur setelah makan, dan pastinya merawat janggut dengan tepat.