4 Tips Manjur untuk Meningkatkan Produktifitas saat WFH

Relationship27 October 2020

By Annisa Laksmintari

4 Tips Manjur untuk Meningkatkan Produktifitas saat WFH

Tak perlu muluk-muluk, berikut tips mudah yang manjur untuk meningkatkan produktifitas anda untuk bekerja di rumah alias WFH (Work from Home).


Siapa bilang WFH (Work From Home) selamanya gampang? Begitu banyak distraksi yang dapat mengganggu konsentrasi anda di rumah dan menyebabkan produktifitas anda turun saat berusaha bekerja di rumah. Lakukan beberapa langkah ini supaya anda terus semangat, efektif, dan fokus bekerja dan berkarya saat ngantor di rumah:

1. Jadwalkan Istirahat Anda

Banyak referensi yang menyarankan anda untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan terberat di saat terproduktif Anda. Hal tersebut benar, tetapi sama seperti anda menjadwalkan produktifitas anda, jangan lupa untuk menjadwalkan istirahat anda di waktu paling tidak produktif anda. Anda cepat lapar? Perut yang meronta-ronta akan mengganggu fokus anda. Jadwalkan early lunch dan istirahat sejenak, lalu segera lanjut kembali bekerja. Ingin cek sosial media sambil ngemil? Jadwalkan untuk refreshing sebentar saat butuh coffee break di sore hari, lalu lanjut kembali bekerja.

2. Hias Meja Anda Supaya Estetik & Nyaman

Menjaga kerapihan meja merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan, tapi untuk meningkatkan semangat bekerja, buatlah ruangan atau meja bekerja anda lebih estetik dan nyaman. Tambahkanlah tanamaan indoor yang asri atau wall-hanging buatan tangan untuk menambah kesan homey. Gunakan kursi yang ergonomis dan alaskan kaki anda dengan karpet supaya nyaman saat bekerja. Ketika hati tenang dan senang, meja enak dipandang, pekerjaanpun akan terasa lebih ringan.

3. Dandan Sedikit

Bukan, yang dimaksud bukanlah full-face makeup dan high-heels, ataupun jas lengkap. Tapi setidaknya gunakanlah baju yang anda anggap layak untuk dipakai keluar rumah. Walaupun karena berada di rumah rasanya ingin pakai piyama atau setelan kaos-celana pendek belel favorit, berpakaian layaknya ke kantor akan menggugah semangat bekerja Anda.

4. Komunikasi dengan Keluarga

Meskipun keluarga adalah sumber moral support terbesar, terkadang mereka juga merupakan distraksi yang terberat saat berusaha bekerja di rumah. Ingatkan keluarga anda bahwa anda membutuhkan waktu yang didedikasikan untuk pekerjaan walaupun sedang berada di rumah. Meskipun demikian, sediakanlah jadwal untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama.