4 Tips Ciptakan Ruangan Elegan dengan Paduan Warna Hitam

Design11 February 2021

By Rahayu Indah

4 Tips Ciptakan Ruangan Elegan dengan Paduan Warna Hitam

Memiliki ruangan atau nuansa rumah dengan warna hitam menjadi hal yang unik yang bisa Anda aplikasikan di rumah Anda.


Seperti banyak diyakini, menggunakan warna hitam dalam berbagai hal akan memberikan kesan yang elegan dan menarik perhatian. Hal tersebut bisa Anda coba pada rumah Anda.

Rumah dengan nuansa warna hitam memiliki berbagai keuntungan, salah satunya suasana rumah yang akan memberikan kesan lebih cerah. Walaupun hitam identik dengan warna gelap, namun ketika diaplikasikan dalam suatu ruangan justru menciptakan suasana yang terang, karena dapat dikombinasikan dengan warna-warna lain. Berikut tips yang bisa Anda gunakan dalam menata ruangan bernuansa hitam:

1. Pilih Pasangan Warna

Walaupun menggunakan konsep serba hitam, bukan berarti Anda tidak bisa memadukan warna-warna lain dalam ruangan Anda. Padahal, ketika warna hitam menjadi pilihan utama, Anda akan lebih bebas untuk memadukan warna lain karena warna hitam memiliki efek yang tidak terbatas karena warna yang universal dan netral. Anda dapat menggunakan warna-warna ‘tenang’ seperti putih, abu-abu, maupun coklat agar nuansa hitam yang Anda pilih tetap bisa menonjol. Jangan ragu untuk menjadikan warna hitam sebagai dominan dalam ruangan.

2. Dinding, Pintu, Jendela Berwarna Hitam

Anda tidak perlu ragu untuk memilih warna hitam pada dinding Anda. Mungkin memang terkesan extreme, nyatanya dinding warna tidak membuat ruangan Anda menjadi gelap. Jika dinding hitam menjadi hal baru bagi Anda, Anda dapat menggunakan aksen hitam pada pintu maupun jendela.

3. Pemilihan Furniture

Selain dari sisi konsep dan ruangannya secara terbuka, furniture juga menjadi bagian penting dalam mendukung ruangan dengan konsep serba hitam. Anda dapat memilih sofa, karpet berbulu, meja, lemari atau barang-barang lainnya dengan warna hitam. Tidak seluruh furniture Anda harus berwarna hitam, Anda dapat padukan dengan pasangan warna Anda di dalamnya. Misalnya, sofa dengan warna hitam dipasangkan dengan meja berwarna coklat karena ruangan Anda memasangkan warna hitam dengan coklat.

4. Anti-Mainstream

Anda dapat menggunakan berbagai tekstur dalam ruangan Anda. Bukan hanya polos, namun Anda dapat menggunakan keramik hitam untuk dapur, kayu hitam untuk lantai, atau wallpaper motif untuk dinding. Hal-hal tersebut akan memberikan kesan anti-mainstream pada ruangan hitam Anda.