Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

4 Novel Sastra Klasik Terpopuler yang Harus Anda Baca Ketika Senggang

Art & Culture16 October 2021

By Rambu Moara

4 Novel Sastra Klasik Terpopuler yang Harus Anda Baca Ketika Senggang

Sastra klasik dapat memberi perspektif baru terhadap sejarah dan gaya penulisan pada zaman tersebut. Beberapa buku sastra ini, cocok dibaca ketika ingin mempelajari sastra klasik.


Buku klasik merupakan bentuk karya literatur yang harus Anda baca, setidaknya sekali. Selain menawarkan kisah yang ringan, kebanyakan buku klasik selalu menggambarkan realitas hidup. Akan ada perspektif baru yang bisa diambil setelah membaca sebuah karya klasik, baik itu dari sisi sejarahnya dan juga sisi penulisnya, bagaimana karakter penulis dalam menggambarkan kisah jaman dulu.

Untuk itu, HighEnd rekomendasikan empat buku sastra klasik yang bisa Anda baca ketika sedang senggang.

Little Women

Little Women merupakan karya Louisa Alcott yang terinspirasi dari kehidupannya sendiri. Karya ini merupakan trilogi di mana Little Women adalah buku pertama kemudian dilanjutkan oleh Little Men (1871) dan Jo’s Boys (1886). Little Women menceritakan tentang kehidupan sederhana 4 bersaudara, Meg, Jo, Amy dan Beth, dengan mimpi-mimpi mereka. Selain dalam bentuk buku, novel ini sudah diadaptasi sebanyak 19 kali ke layar lebar.

Anna Karenina

Anna Karenina adalah novel klasik yang terkenal karena kisah percintaan tragis yang dialami 7 tokoh dalam buku ini yaitu Anna, Karenina, Dolly, Kitty, Levin, dan Vronsky. Awalnya ketujuh tokoh ini bersahabat dan saling suka, namun situasi yang digambarkan semakin runyam ketika melibatkan perselingkuhan. Anda bisa menemukan perspektif baru mengenai sifat ketidakpuasan manusia melalui buku ini.

Jane Eyre

Karya Charlotte Bronte satu ini menjadi buku fiksi klasik yang sangat populer karena cerita penuh perjuangan tokoh utamanya, Jane. Hidup sendirian sejak kecil bersama keluarga sambung yang kejam tidak membuat Jane tumbuh menjadi anak dengan sifat buruk, justru memiliki sifat penuh keberanian, semangat dan cerdas. Kisah percintaan Jane juga memiliki banyak tantangan. Buku ini layak dibaca meski cukup tebal.

Pride and Prejudice

Meski sudah ada tayangannya seperti Little Women, karya Jane Austen tetap HighEnd rekomendasikan. Sebagai salah satu karya kategori literatur terpopuler, Pride and Prejudice punya cerita yang ringan dan lebih mudah dicerna daripada buku Anna Karenina. Meski tebal, buku ini bisa Anda selesaikan dalam 3 hari jika Anda serius mendalaminya.