4 Manfaat Kesehatan Kacang Kemiri / Pecan untuk Kesehatan Tubuh Anda

Wellness08 September 2021

By Annisa Laksmintari

4 Manfaat Kesehatan Kacang Kemiri / Pecan untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kacang kemiri atau pecan sering ditemukan di berbagai makanan, mulai dari taburan salad hingga campuran dalam kue atau roti. Terlepas dari rasanya yang lezat, ternyata pecan merupakan bahan makanan dan camilan yang bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan, seperti yang dilansir dari realsimple.com!


Kacang kemiri atau pecan merupakan kacang yang cukup unik. Menurut NutHealth.org, pohon kemiri adalah satu-satunya kacang pohon yang berasal dari Amerika dan diproduksi oleh spesies pohon hickory. Nama ‘pecan’ berasal dari suku Native American, Algonquin, yang digunakan untuk menggambarkan "semua kacang yang membutuhkan batu untuk dipecahkan”.

1. Mengandung banyak vitamin dan mineral

Kacang—termasuk pecan—memiliki kandungan vitamin dan mineral sangat tinggi, meskipun ukurannya yang kecil. Secara nutrisi, kacang-kacangan luar biasa banyak membawa manfaat untuk kesehatan karena padat nutrisi dan bergizi lengkap, termasuk lemak sehat, serat makanan, dan protein.

Pecan juga merupakan sumber zat besi, thiamin dan mangan yang baik. Mangan adalah mineral yang memainkan peran penting dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium, dan regulasi gula darah. Zat ini juga diperlukan untuk fungsi otak dan saraf yang normal. Thiamin, sering disebut sebagai vitamin B1, sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sel. Dan zat besi membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan metabolisme berfungsi normal.

2. Bagus untuk kesehatan jantung

Menurut Mayo Clinic, makan kacang (termasuk pecan) sebagai bagian dari diet sehat dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda secara signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dapat meningkatkan kesehatan lapisan arteri Anda dan dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah.

3. Sumber serat

Pecan juga merupakan sumber serat yang baik, dan mampu memenuhi sekitar 11 persen dari jumlah serat yang direkomendasikan setiap hari. Mengkonsumsi serat yang banyak, bersama dengan asupan cairan yang cukup, akan bergerak dengan cepat dan relatif mudah melalui saluran pencernaan dan membantunya berfungsi dengan baik. Diet tinggi serat juga dapat membantu mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

4. Kandungan protein nabati tinggi

Pecan juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik. Protein yang sumbernya nabati lebih mudah dicerna, lebih rendah resiko inflamasinya, dan mengandung lebih banyak vitamin dan mineral daripada protein hewani.