Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

4 Jenis Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Tidur

Wellness26 October 2021

By Rambu Moara

4 Jenis Makanan yang Harus Anda Hindari Sebelum Tidur

Makanan dengan tinggi kandungan kafein, lemak, gula, dan karbohidrat dapat mengganggu tidur Anda.


Tahukah Anda bahwa makanan yang dikonsumsi ketika makan malam dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda? Meskipun tidak memiliki riwayat gangguan tidur, ada beberapa makanan yang dapat menciptakan distraksi pada tubuh dan otak sehingga membuat anda mendapatkan kualitas tidur yang rendah.

Agar Anda memiliki kualitas tidur yang baik, perhatikan beberapa makanan berikut yang tidak boleh Anda konsumsi sebelum tidur.

Coklat

Coklat dikategorikan sebagai comfort food, dapat dikonsumsi saat kapanpun. Tetapi coklat tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur karena kandungan lemak, kafein, serta gula. Kafein, lemak, dan gula yang tinggi pada coklat dapat menghilangkan hormon melatonin yang berfungsi untuk menghindarkan distraksi saat tidur.

Kari

Makanan satu ini sebaiknya jangan anda jadikan sebagai menu utama makan malam. Kari memiliki banyak kandungan rempah sehingga menciptakan rasa gurih dan pedas serta kandungan capsaicin yang mana dapat meningkatkan suhu tubuh dan mudah terasa dehidrasi. Hal ini berpengaruh buruk karena menciptakan distraksi pada tubuh sehingga sulit untuk terlelap.

Makanan Instan

Makanan instan seperti mie, makanan kaleng, dan makanan cepat saji tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur karena kandungan garam, lemak, dan karbohidrat yang tinggi tetapi rendah serat dan vitamin. Kandungan tadi akan mempengaruhi sistem pencernaan karena memproduksi asam lambung. Pada akhirnya, Anda akan terbangun tengah malam karena sakit perut dan mual.

Es Krim

Mengkonsumsi es krim tidak dianjurkan sebelum tidur karena suhu yang rendah pada es bisa mendatangkan alergi tenggorokan seperti radang dan flu, serta mengganggu saluran pencernaan. Di samping itu, gula yang tinggi pada es krim menghilangkan hormon melatonin yang mendatangkan gangguan tidur.