4 Jenis Bonsai, Tanaman Hias dari Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Rumah
Clara Enocensia
10 March 2022

Bonsai telah dijadikan sebagai tanaman hias bernilai seni tinggi sejak ratusan tahun lalu, berikut jenis tanaman bonsai yang cocok dijadi koleksi dan dekorasi di dalam rumah.


Tanaman bonsai adalah salah satu jenis tanaman yang sangat menarik dan bisa Anda rawat sendiri di rumah. Dengan merawat tanaman sendiri di rumah maka Anda bisa memiliki hobi baru yang positif dan bermanfaat.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda tanam di rumah dan menjadi penghias rumah yang baik, salah satunya adalah bonsai. Meski tidak semua jenis tanaman dapat dijadikan bonsai, namun ada jenis tanaman bonsai untuk di rumah yang bisa dipilih sebagai koleksi. Berikut ulasannya.

1. Bonsai Cemara

Pohon berdaun semak ini dapat tumbuh di alam liar hingga puluhan meter. Dengan teknik bonsai, Anda bisa membawa nuansa alami dari pohon cemara ke rumah.

Jenis tanaman cemara yang kerap dipilih untuk bonsai adalah cemara sinesis dengan liukan batang yang nyentrik. Jenis cemara ini tak sekadar untuk koleksi, tapi juga dipamerkan dalam kontes.

2. Bonsai Azalea

Azalea adalah tanaman spesies Rhododendron indicum yang berasal dari Jepang. Memiliki warna merah mudah yang sangat menarik perhatian, jenis bonsai yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk menghiasi interior maupun eksterior rumah.

3. Bonsai Sakura

Bonsai sakura merupakan salah satu jenis bonsai terbaik yang digemari masyarakat. Tanaman sakura yang berasal dari Jepang bisa Anda hadirkan di lingkungan rumah Anda dengan teknik bonsai.

Di Jepang, bonsai dianggap sebagai lambang kecantikan, keberanian, dan pembaharuan. Terlebih bunga sakura bisa tumbuh dengan warna putih dan merah, semakin menambah kehangatan pada sudut ruangan ataupun halaman Anda.

4. Bonsai Lemon

Secara alami, pohon lemon dapat tumbuh setinggi 2,5-3 meter. Pohonnya memiliki daun hijau tua yang rimbun dengan bunga putih beraroma harum dan buahnya yang kuning segar.

Anda dapat mencoba menanam bonsai lemon langsung dari bijinya. Pohon lemon dikenal tumbuh relatif cepat dan cukup mudah diubah menjadi bonsai. Jika dipangkas dengan benar, bonsai lemon dapat menghasilkan buah yang dapat dimakan.