Share
4 Jam Tangan Mewah Termahal di Dunia, Dibanderol dengan Harga Ratusan Miliar
Clara Enocensia
10 March 2022

Semua jam tangan sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menunjukkan waktu, namun tak jarang seseorang menjadikan jam tangan sebagai sebuah aset atau koleksi, terlebih lagi jika jam itu memiliki harga selangit, seperti jam tangan termahal di dunia berikut ini.


Memiliki fungsi sebagai aksesoris atau pelengkap penampilan, harga sebuah jam tangan ternyata bisa sangat fantastis dan mencapai miliaran rupiah. Ada beberapa alasan mengapa sebuah jam tangan memiliki harga yang tak masuk akal alias fantastis.

Ada beberapa jam tangan yang mahal karena penggunaan material seperti emas dan batu permata. Sementara itu, sebagian jam tangan lainnya dilabeli harga tinggi lantaran nilai warisan dan estetika yang dimiliki jam tangan tersebut. Berikut beberapa jam tangan yang memiliki harga fantastis dan menjadi jam tangan termahal di dunia.

1. Graff Diamonds Hallucination

Jam tangan Graff serie Diamond Hallucination yang dirilis pada 26 Maret 2014 ini dibanderol dengan harga 55 juta dolar AS atau sekitar Rp 784 miliar dan sejauh ini menjadi jam tangan termahal di dunia.

Nuansa kemewahan terlihat pada perpaduan berlian berwarna-warni lebih dari 110 karat. Berlian berukuran besar dan warna warni seperti kuning, merah muda, biru, hijau, serta jingga diletakkan di atas platinum.

Selain itu, pencipta jam ini yaitu Laurence Graff juga berkreasi dengan cara memotong permata dengan berbagai macam bentuk seperti bentuk hati, pear, marquise, emerald, hingga bulat. Namun uniknya, jarum jam yang seharusnya menjadi fungsi utama pada jam tangan justru menjadi salah satu yang paling tidak menonjol pada jam ini.

2. Graff Diamonds The Fascination

Graff Diamonds The Fascination hadir di tahun 2015 dengan berlian putih 152,96 karat di seluruh bagian jam. Menariknya lagi, pada jam itu terdapat berlian bebentuk buah pir berkuran 38,13 karat yang bagian tengahnya bisa dilepas dan dipakai sebagai cincin.

The Fascination bisa menjadi pilihan jika kita benar-benar menyukai kemewahan, karena Graff Diamonds menjual jam tangan ini dengan harga 40 juta dollar AS atau sekitar Rp 580 miliar.

3. Jaeger-LeCoultre Joaillerie 101 Manchette

Jaeger-LeCoulter Joaillerie 101 Manchette adalah jam seharga 26 juta dolar AS atau setara Rp 377 miliar yang dihadiahkan kepada Ratu Elizabeth II untuk merayakan 60 tahun kekuasaannya.

Jam tangan berhiaskan 576 berlian ini memiliki mesin jam yang menggunakan mekanisme putaran manuar Jaege-LeCoultre Calibre 101.Di bagian depan arloji, terlihat dial dan croen atau kenop pemutar berwarna perak.

4. Patek Philippe Henry Graves Supercomplication

Jam tangan termahal berikutnya merupakan sebuah jam saku (pocket watch), tepatnya, sebuah jam saku berukuran raksasa. Dibuat khusus untuk Henry Graves Jr., seorang bankir Amerika terkemuka, jam tangan ini merupakan jam tangan dengan waktu pembuatan sangat lama sekaligus sangat rumit.

Jam tangan ini menawarkan 24 fungsi yang berbeda, termasuk lonceng Westminster, kalender abadi, waktu matahari terbit dan terbenam, ditambah peta New York, seperti yang terlihat dari apartemen lama Graves di 834 Fifth Avenue.

Graves menghabiskan 15.000 dolar AS (sekitar Rp215,25 juta) untuk membuat jam ini pada 1925 silam. Jika menyesuaikan dengan inflasi, kini jumlah tersebut sama dengan 229.533 dolar AS atau sekitar Rp 3,293 miliar.