Share
4 Ingredients Skincare Wajib Untuk Solusi Kulit Kusam
Irma Luthfiya
25 March 2022

Masalah kulit kusam tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Dari banyak kandungan skincare untuk merawat wajah, simak beberapa kandungan penting yang dapat menjadi solusi si kulit kusam.


Setiap tahapan skincare tentu memiliki manfaatnya masing-masing terhadap setiap permasalahan kulit wajah. Tidak hanya jenisnya yang beragam, skincare pun memiliki kandungan-kandungan yang bermacam-macam. Dari beragamnya masalah kulit, berikut beberapa bahan atau kandungan yang bisa membantu mengatasi masalah kulit kusam pada wajah Anda!

1. Hyaluronic Acid

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab masalah kulit kusam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan skincare berbahan hyaluronic acid. Bahan yang dapat menghidrasi kulit ini dikenal karena kualitasnya yang dapat meningkatkan kelembaban. Mereka dipercaya memiliki kemampuan untuk menarik dan menahan 1000 kali beratnya dalam air.

Bagi mereka yang memiliki kulit kering, dehidrasi dan kasar, hyaluronic acid dapat menjadi bahan pertama yang Anda coba untuk melembabkan dan mencerahkan. Carilah hyaluronic acid dalam serum dan masker untuk dosis hidrasi yang kuat.

2. Niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3 yang berfungsi mengembalikan kelembapan kulit. Selain itu, niacinamide juga diklaim mampu meratakan warna kulit, sehingga kulit kusam akan kembali cerah dan warna aslinya merata. Dikarenakan kulit kusam juga disebabkan karena faktor lingkungan, niacinamide akan membantu dalam memproduksi sel-sel kulit baru sembari terus menjaganya dari stres yang diakibatkan lingkungan, seperti sinar matahari hingga asap rokok. Niacinamide banyak ditemukan dalam kandungan serum atau toner.

3. Vitamin C

Vitamin C sangat bagus untuk banyak hal termasuk mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak bercahaya. Bahan ini dapat memerangi radikal bebas dan polutan merusak lainnya yang dapat menyebabkan perubahan warna. bahan ini juga dapat membantu menyembuhkan kulit, meratakan warna kulit dan memperbaiki noda dan noda hitam yang ditinggalkan oleh kerusakan akibat sinar matahari.

Jika Anda menemukan kulit kusam yang disebabkan oleh hiperpigmentasi atau bahkan tanda-tanda penuaan, vitamin C bisa menjadi jawabannya. Carilah vitamin C dalam serum, masker, dan pelembab.

4. Glycolic Acid

Penyebab utama dari kulit kusam adalah penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Inilah sebabnya mengapa pengelupasan kulit adalah cara tercepat untuk mencerahkan kulit Anda. Salah satu bahan pengelupasan yang harus dicoba adalah glycolic acid. Glycolic acid adalah alpha hydroxy acid (AHA) yang berfungsi untuk memecah sel-sel kulit mati dan ikatan di antara mereka sehingga dapat dengan mudah lepas.

Jika kulit terlihat abu-abu dan lelah, glycolic acid dapat membantu menghilangkan lapisan yang menyembunyikan cahaya alami di bawahnya. Anda akan paling sering melihat glycolic acid dalam eksfoliator dan serum, tetapi Anda juga dapat menemukannya di masker dan pembersih juga.