Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

4 Festival Seni Budaya Kenegaraan Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Pandemi Berakhir

Travel28 November 2021

By Rambu Moara

4 Festival Seni Budaya Kenegaraan Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Pandemi Berakhir

Festival seni negara merupakan medium dalam mempertunjukan keunikan budaya negara tersebut melalui musik, tarian, hingga ritual dan parade.


Festival seni di setiap negara merupakan perayaan wajib tahunan yang menjadi wadah untuk mempertunjukan keunikan budaya dari negara tersebut. Festival ini biasanya berlangsung selama beberapa hari yang dimeriahkan dengan musik, tarian, hingga ritual dalam paradenya. Kali ini HighEnd berikan 4 festival seni berbagai negara yang bisa Anda nikmati ketika Pandemi sudah berakhir.

Rio de Janeiro Carnival

Sudah dilangsungkan dari 1650an, Rio de Janeiro merupakan karnaval seni yang mencampurkan budaya Afrika, Portugis dan budaya asli Brazil. Pelaksanaan karnaval ini bertujuan untuk menghormati dewa panen anggur Yunani, Bacchus. Karnaval ini terinspirasi dari festival ‘Entrudo’ yang diperkenalkan bangsa Portugis

Mid-Autumn Festival

Mid-Autumn Festival atau Moon festival merupakan perayaan terpenting kedua setelah Tahun Baru Imlek oleh masyarakat Tionghoa. Festival ini sudah berlangsung sejak 1046 SM di China, di mana tujuan melakukan festival ini adalah untuk menyembah bulan yang muncul di pertengahan musim gugur sambil berdoa memohon kelancaran masa panen.

Yang mengasyikkan adalah suasana sore hari yang menjadi terang karena cahaya lampion serta sungai yang dipenuhi lilin berbentuk teratai yang dihanyutkan sambil mengucap doa keselamatan. Festival ini juga identik dengan kue bulan dengan isian bervariasi.

Las Fallas of Valencia

Fokus utama festival ini adalah untuk memperingati hari Santo Yosef di kota Valencia, Spanyol. Festival ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 15 hingga 19 Maret yang ditandai dengan pembakaran monumen ninot (boneka dalam bahasa Valencia), pertunjukan musik, kembang api, hingga parade dengan kostum tradisional.

Pekan Kebudayaan Nasional

Indonesia juga memiliki festival seni budaya yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai manifestasi agenda pemajuan kebudayaan Indonesia. Festival ini terdiri dari serangkaian kompetisi dari tingkat daerah hingga nasional, konferensi pemajuan budaya, ekshibisi dan pagelaran karya budaya.