4 Event Olahraga yang Wajib Ditonton di Tahun 2021

Event23 November 2020

By Adelia Ayu

4 Event Olahraga yang Wajib Ditonton di Tahun 2021

Memasuki tahun baru, sejumlah ajang olahraga terbesar dunia siap dilaksanakan di 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan batas maksimal penonton.


2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi dunia olahraga. Tertunda dan batalnya sejumlah event besar membuat pecinta olahraga kehilangan adrenaline junk terbesar mereka – euforia saat menonton pertandingan langsung. Sebagian besar melakukan rescheduled jadwal dan sisanya memilih tetap absen di tahun depan.

Dengan datangnya kabar baik dari bidang kesehatan dan menurunnya kasus penyebaran COVID-19 di sejumlah negara, beberapa event olahraga dunia sudah memulai persiapan dari akhir tahun ini. Mulai dari Olimpiade Tokyo 2020 hingga NFL Super Bowl 2021, berikut sejumlah ajang olahraga yang wajib Anda tonton di tahun depan:

Australian Open

Australian Open akan menjadi pembuka seri Grand Slam yang akan diadakan pada bulan Januari di Melbourne Park, Australia. Menampilkan pertandingan dari bintang tenis dunia seperti Novak Djokovic dan Naomi Osaka, event ini diprediksi akan didatangi oleh 400 ribu penggemar selama dua minggu perhelatannya. Pelaksanaan Australian Open 2021 sendiri sangat penting mengingat event ini berperan sebagai penentu seri Grand Slam berikutnya.

UEFA Euro 2021

Ditunggu setiap empat tahun sekali, tampaknya perhelatan UEFA Euro 2021 akan berbeda secara hitungan tahun, meski tetap mencantumkan ‘2020’ di belakang nama event-nya. Diadakan di 12 kota besar seperti London, Copenhagen, Munich, Amsterdam dan Bucharest, ajang sepak bola terbesar di Eropa ini akan mengadakan pertandingan semi-final dan final di Inggris sebagai negara host. Tidak hanya menaikkan kembali minat menonton sepak bola secara langsung, UEFA Euro 2021 juga diprediksi akan membawa efek baik bagi industri pariwisata Eropa.

Tokyo Olympics 2020

Meski sempat tertunda karena pandemi, Olimpiade Tokyo 2020 akan tetap dilaksanakan di tanggal 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Kota Tokyo pun tampak kembali mempersiapkan olimpiade yang tertunda di bawah pengawasan International Olympic Committee (IOC), salah satunya mewajibkan pertandingan diadakan secara indoor. Terlepas dari kembali naiknya angka COVID-19 di ibu kota, pemerintah Jepang positif Olimpiade Tokyo 2020 akan tetap berlangsung mengingat pendistribusian vaksin global yang dimulai pada awal tahun depan.

NFL Super Bowl 2021

Terlepas dari tingginya angka COVID-19 di Amerika Serikat, ajang Super Bowl 2021 akan tetap dihelat. Berbeda dengan beberapa event olahraga di atas, Super Bowl sempat mengadakan event akbarnya pada tahun 2020 lalu secara langsung di bulan Februari lalu. Setelah sukses menghadirkan Shakira dan Jennifer Lopez sebagai bintang tamu di half-time show-nya, The Weeknd resmi mengisi sesi Super Bowl Half Time 2021. Diadakan di Raymond James Stadium di Florida, NFL menetapkan kapasitas penonton maksimal sebanyak 25% dengan mengikuti guidelines CDC.