4 Bahan Alami untuk Merawat dan Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Beauty01 September 2021

By Venisa Ruth

4 Bahan Alami untuk Merawat dan Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencerahkan wajah. Meski banyak terdapat cara instan yang dapat dipilih, nyatanya langkah ini belum tentu aman untuk kulit. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai mencoba perawatan di rumah dengan menggunakan bahan alami agar kulit Anda lebih cerah dan terawat.


Alih-alih mencerahkan wajah yang kusam, penggunaan bahan kimia mungkin terkadang justru menimbulkan masalah kulit baru karena kulit Anda tidak cocok ketika menggunakannya. Maka dari itu, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mencerahkan wajah kusam secara alami dengan bahan-bahannya mudah ditemukan di dapur Anda. Berikut bahan-bahan alami yang dapat Anda aplikasikan di wajah.

1. Lidah buaya

Bahan untuk mencerahkan wajah kusam secara alami adalah salah satunya dengan lidah buaya. Lidah buaya juga dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit wajah tanpa memicu penyumbatan pori-pori. Mengoleskan gel lidah buaya setelah membersihkan wajah dipercaya dapat menghilangkan wajah kusam dan membuatnya kulit wajah tampak lebih glowing.

Namun begitu, beberapa orang juga alergi terhadap lidah buaya. Untuk mencoba kecocokan kulit Anda terhadap lidah buaya, Anda bisa mengoleskannya sedikit ke area kulit lengan dan tunggu hingga 24 jam. Jika tidak ada reaksi, maka lidah buaya aman untuk dioleskan ke wajah.

2. Lemon


Kandungan vitamin C dan asam askorbat tinggi dalam buah lemon diketahui dapat mencerahkan wajah kusam. Selain itu, lemon juga mengandung antioksidan dan antipigmen yang dapat membuat wajah tampak sehat dan bercahaya.

Salah satu cara untuk menghilangkan kulit kusam secara alami dengan menggunakan lemon adalah sebagai berikut. Ambil perasan lemon, lalu campurkan dengan beberapa tetesan air dalam perbandingan 1:2, kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah. Diamkan sekitar 10-15 menit dan bilas wajah dengan air sampai bersih.

3. Gula pasir

Bagi Anda yang tidak memiliki kulit sensitif, tidak ada salahnya untuk melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati dengan gula pasir sebagai cara untuk mencerahkan wajah kusam secara alami. Butiran gula pasir yang kecil tidak bersifat abrasif pada kulit.

Gula pasir juga dapat menjadi humektan alami, yakni komponen yang dapat membantu menarik kelembapan dan membantu kulit terhidrasi, dengan demikian, sel kulit baru akan muncul dan wajah tampak lebih cerah.

4. Pepaya

Anda bisa menggunakan pepaya sebagai salah satu bahan untuk mencerahkan wajah kusam secara alami. Hal ini berkat kandungan enzim papain dalam pepaya yang dapat membantu mencerahkan wajah.

Cara pengaplikasian papaya adalah sebagai berikut, haluskan seperempat cangkir buah pepaya hijau atau pepaya yang masih muda. Kemudian oleskan masker pepaya hijau pada permukaan kulit yang sudah dibersihkan menggunakan jari-jari tangan dan diamkan selama sepuluh menit atau hingga masker wajah mongering. Jika sudah mengering, bilas wajah Anda dengan menggunakan air hangat.