Share
30 Tahun Mengabdi, Direktur Kreatif Chanel Virginie Viard Resmi Mengundurkan Diri
Putrika Annaya Salsabila
06 June 2024

Setelah 30 tahun berkontribusi dan 5 tahun menjadi direktur kreatif, Virginie Viard resmi keluar dari Chanel.


Chanel baru saja memberikan kabar yang cukup mengejutkan untuk dunia mode. Virginie Viard, yang telah bersama rumah mode mewah asal Prancis tersebut selama hampir 30 tahun, akan meninggalkan Chanel. Viard, yang telah menjabat sebagai direktur kreatif selama lima tahun terakhir, mengakhiri perjalanan panjangnya dengan jenama ikonis ini.

Chanel mengonfirmasi kepergian Viard melalui sebuah pernyataan resmi: "Chanel mengonfirmasi kepergian Virginie Viard setelah kolaborasi yang kaya selama lima tahun sebagai direktur artistik koleksi fashion, di mana ia mampu memperbarui kode rumah Chanel sambil menghormati warisan kreatif Chanel, dan hampir 30 tahun di dalam rumah tersebut."

Pernyataan tersebut melanjutkan, "Sebuah organisasi kreatif baru akan diumumkan pada waktunya. Chanel ingin mengucapkan terima kasih kepada Virginie Viard atas kontribusi luar biasanya terhadap fashion, kreativitas, dan vitalitas Chanel."

Viard pertama kali bergabung dengan rumah mode tersebut pada tahun 1987 dan bekerja bersama pendahulunya, Karl Lagerfeld, selama bertahun-tahun. Setelah Lagerfeld meninggal dunia pada tahun 2019, Viard diangkat sebagai direktur kreatif.

Ia adalah direktur artistik ketiga Chanel sejak didirikan pada tahun 1910, setelah Lagerfeld dan pendiri rumah mode itu sendiri, Coco Chanel.

Selama masa jabatannya, Chanel berkolaborasi dengan sejumlah brand ambassador ternama, termasuk aktris Kristen Stewart, Keira Knightley, Penelope Cruz, Lily-Rose Depp, Jennie BLACKPINK, Timothée Chalamet, dan yang terbaru, Riley Keough.

Koleksi haute couture Autumn/Winter 2024/25 Chanel masih akan dipresentasikan sesuai rencana pada 25 Juni di Opéra Garnier, Paris. Meski begitu, siapa yang akan mengambil alih peran direktur kreatif setelah Viard masih belum diumumkan.

Kepergian Viard menandai akhir dari sebuah era bagi Chanel, namun juga membuka babak baru yang menjanjikan bagi rumah mode legendaris ini. Para penggemar dan kritikus mode di seluruh dunia menantikan pengumuman selanjutnya dari Chanel dan siap menyaksikan arah baru yang akan diambil oleh rumah mode tersebut.