3 Pilihan Salad Sehat yang Bergizi dan Mengenyangkan
Venisa Ruth
08 November 2021

Salad sayur identik sebagai makanannya orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Walau begitu, siapa pun juga bisa (dan harus!) makan sayur untuk menjaga kesehatan tubuh.


Nah jika penampilan salad sayur yang biasa Anda lihat kurang menggugah selera, coba kreasikan dengan trik-trik berikut ini.

1. Green Salad

Sesuai namanya, green salad terdiri dari berbagai sayuran hijau berbentuk dedaunan yang masih segar dan pastinya menyehatkan. Sayur-sayur yang biasa digunakan untuk membuat green salad atau salad hijau adalah bayam, selada air, kubis, dan sejenisnya.

Selain dedaunan, buah alpukat juga biasa ditambahkan ke dalam salad hijau untuk memperkaya rasa dan manfaatnya. Saus atau dressing-nya bisa menggunakan mayonaise atau olive oil dan lada. Salad hijau adalah salah satu jenis salad yang paling gampang dibuat dan memiliki tingkat kalori yang rendah.

2. Pasta Salad

Sesuai namanya, bahan dasar pembuatan pasta salad adalah pasta. Jenis pasta yang digunakan bisa apa saja, tergantung selera dan preferensi masing-masing. Rebusan pasta lalu dicampur dengan sayuran dan daging, diberi saus krim dan taburan keju dan lada hitam.

Pasta salad cenderung lebih berat dan mengenyangkan dibanding green atau bound salad.

3. Greek Salad

Greek salad terdiri dari potongan sayuran segar seperti tomat, timun, paprika hijau, paprika merah, paprika kuning, irisan bawang merah, feta cheese, buah zaitun, dan biasanya menggunakan dressing saus olive oil dan bubuk oregano.

Greek salad sering disebut juga sebagai summer salad karena cita rasanya yang menyegarkan, cocok dinikmati saat musim panas.