3 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Hiasan Dinding Ukuran Besar untuk Hunian Anda

Design12 October 2021

By Annisa Indah

3 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Hiasan Dinding Ukuran Besar untuk Hunian Anda

Sebelum Anda membeli karya seni ukuran besar untuk hiasan dinding, inilah pentingnya perencanaan yang menyeluruh dalam mempertimbangkan apakah karya seni tersebut cocok untuk dijadikan bagian dari dekorasi rumah Anda.


Karya seni berukuran besar yang digantung di dinding mampu mengubah tampilan rumah Anda. Hiasan dinding tersebut membuat ruang kosong terasa lebih berisi sekaligus menjadi kesempatan untuk mencoba dekorasi interior yang berbeda dari biasanya tanpa melakukan perubahan yang lebih permanen seperti cat dinding. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang harus Anda ketahui tentang hiasan dinding tersebut:

- Ukuran
Ukuran dinding tempat hiasan tersebut akan digantung menjadi pertimbangan utama. Direkomendasikan agar karya seni yang akan digantung tak melebihi 75 persen dari ukuran dinding tersebut. Selain itu, perlu juga dipertimbangkan eye-level atau titik fokus dimana mata akan memandang, serta titik tengah dari dinding tersebut agar hiasan dinding dapat dinikmati secara keseluruhan.

- Benda-benda lain di sekitar dinding
Hiasan dinding tidak seharusnya membuat perabotan lain di dekatnya menjadi terlihat terlalu besar ataupun terlalu kecil. Untuk penempatan satu hiasan dinding berukuran besar disarankan di tengah-tengah lebar dinding atau tepat di belakang perabot. Untuk penempatan beberapa hiasan dinding kecil, dapat disebar pada permukaan dinding. Tak lupa sebelum hiasan dinding dipajang, harus mempertimbangkan perabotan atau hiasan lain seperti rak atau jam yang juga akan ditempelkan ke dinding tersebut.

- Bingkai
Jika karya seni tersebut harus dibingkai, pilihlah bingkai dengan bentuk yang simpel dan warna yang solid. Bingkai dengan ornament-ornamen atau hiasan dapat menarik perhatian dan menyembunyikan keindahan karya seni yang ingin Anda tonjolkan.

- Paku gantung
Alat yang digunakan untuk menggantung karya seni juga tergantung pada ukuran dan berat karya seni tersebut. Untuk karya seni yang ringan hingga sedang, paku tipis atau hook yang dapat ditempel ke dinding sudah cukup. Untuk karya seni yang lebih berat, disarankan untuk menggunakan paku yang besar atau paku yang dibor ke dinding agar lebih aman.