3 Hal yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Beralih ke Mobil Listrik

Men's Corner09 October 2021

By Annisa Indah

3 Hal yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Beralih ke Mobil Listrik

Jika Anda mencari moda transportasi yang lebih ramah lingkungan, membeli mobil listrik adalah pilihan yang menjanjikan. Kendaraan dengan motor listrik digadang-gadang memiliki banyak manfaat ramah lingkungan, tetapi ada beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum membuat perubahan besar.


Beralih ke mobil listrik merupakan suatu pilihan yang luarbiasa, namun sebelumnya, harus memastikan mobil pilihan Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda dan sesuai dengan gaya hidup Anda. Berikut adalah factor-faktor yang menentukan apakah Anda cocok untuk segera beralih ke mobil listrik tersebut.

1. Daya tempuh dalam satu kali charge

Salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan tentang pilihan mobil listrik adalah jangkauannya. Daya tempuh standar kendaraan listrik Anda ditentukan oleh seberapa jauh Anda dapat berkendara per pengisian daya. Namun harus diperhatikan bahwa kecepatan, kebiasaan mengemudi, cuaca, dan penggunaan AC Anda dapat menguras tenaga kendaraan Anda lebih cepat dan menurunkan daya tempuh Anda.

Jika Anda sering berkendara jarak jauh, kendaraan listrik mungkin akan merepotkan untuk mengisi daya secara konsisten. Pada umumnya, daya tempuh antar pengisian daya untuk perjalanan sehari-hari dalam kota sudah cukup mumpuni untuk mobil listrik terkini.

2. Pengisian daya
Sebelum Anda berkomitmen untuk membeli pembelian mobil listrik, Anda perlu memikirkan secara mendalam bagaimana pengisian daya mobil Anda akan mengubah rutinitas dan kebiasaan sehari-hari Anda.

Apakah Anda akan mengisi daya di rumah? Apakah Anda perlu memasang alat pengisi daya di rumah atau menaikkan kapasitas voltase listrik rumah Anda? Apakah tersedia stasiun pengisian daya di tempat umum di kota Anda?

3. Asuransi
Mobil Anda tentu saja wajib diasuransi. Ada kemungkinan bahwa mobil listrik lebih mahal untuk diasuransikan. Selain karena harganya yang kemungkinan lebih mahal dari mobil biasa, juga karena suku cadang khusus lebih mahal untuk diperbaiki atau diganti daripada yang ada di kendaraan pada umumnya.