3 Desain Rumah Yang Dilengkapi dengan Teknologi Canggih dan Menakjubkan

Design12 September 2021

By Venisa Ruth

3 Desain Rumah Yang Dilengkapi dengan Teknologi Canggih dan Menakjubkan

Dahulu rumah hanya berfungsi sebagai pelindung dari panas, hujan dan melindungi dari marabahaya. Namun kini, sudah bertransformasi menjadi bagian dari gaya hidup, bahkan menjadi bagian dari sebuah strata.


Kini banyak rumah yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur dan teknologi canggih dan kita menyebutnya sebagai ‘smart home’. Aplikasi teknologi saat ini juga sudah melingkupi semua lini kehidupan. Salah satu pengaplikasiannya yaitu teknologi rumah yang kini sudah banyak dikembangkan oleh sebagian besar pengembang besar. Mereka menciptakan hunian ramah lingkungan yang sarat dengan teknologi canggih atau smart home.

1. Bill Gates Mansion (Lake Washington, Washington, USA)

Siapa yang tidak mengenal Bill Gates pendiri Microsoft dengan OS Windows yang terkenal di seluruh dunia. Sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates dapat mewujudkan apapun yang diinginkannya, termasuk membangun rumah yang dilengkapi dengan teknologi tercanggih.

Rumah Bill Gates dilengkapi beberapa sensor canggih yang mengatur pencahayaan ruangan. Bagian dindingnya dilapisi dengan panel layar sentuh yang diaktifkan oleh pin yang dikenakan oleh seluruh penghuni rumah. Tidak hanya itu, rumah seluas 66.000 kaki dilengkapi dengan kecanggihan lainnya, seperti kolam renang yang juga dapat disesuaikan.

2. La La Land (Chino Hills. California, USA)

La La Land merupakan hunian mewah seharga $4,988 juta dolar dengan luas 9.492 kaki persegi. Didalamnya melingkupi lima kamar dan tujuh kamar mandi. Hal yang paling mengesankan lainnya dari rumah mewah ini adalah terapan teknologi canggih yang disematkannya.

Mulai dari teater berteknologi tinggi senilai $675.000 dolar yang menampilkan sistem JBL kelas atas, selain itu dari sisi interior, rumah ini dilengkapi dengan lampu LED yang berkelap-kelip di bagian langit-langit atasnya. Untuk menambah kenyamanan penghuninya, rumah ini juga dilengkapi dengan kursi kulit yang dapat direbahkan secara otomatis.

3. The Heliotrope (Freiburg, Jerman)

Rumah di The Heliotrope, Jerman ini menggunakan teknologi panel surya untuk menghasilkan listrik untuk menopang seluruh kebutuhan rumah tersebut. Teknologi panel surya yang digunakan juga memiliki kemampuan multi-arah untuk melacak secara otomatis kemana arah matahari dilangit.

Sementara, di bagian atap rumah ini juga didesain dapat mengumpulkan dan menyaring air hujan, sementara pada sistem pembuangan limbah manusia menghasilkan padatan kering tanpa bau yang dapat digunakan untuk pengomposan. Lantai rumah ini juga dilengkapi dengan penghangat lantai rumah yang memungkinkan penghuninya tidak kedinginan saat musim dingin berlangsung.