Share
296 GTS, Mendefinisikan Konsep Sensasi Berkendara dengan Posisi Atap Terbuka
Bunga Revina
10 February 2023

Hari ini 296 GTS diluncurkan, sebuah berlinetta spider baru bermesin tengah belakang keluaran Ferrari.


296 GTS diluncurkan di Jakarta dalam sebuah acara private preview yang eksklusif. Model ini merupakan evolusi terbaru dari Maranello yang berupa berlinetta spider dengan dua tempat duduk bermesin mid-rear, dan menggandeng 296 GTB dalam mendefinisikan ulang seluruh konsep kesenangan berkendara. Kedua model tersebut menjamin emosi yang murni tidak hanya saat memacu mobil hingga batasnya, tetapi juga dalam situasi berkendara sehari-hari.

Nama mobil ini menggabungkan total kapasitasnya (2.992 liter) dan jumlah silinder dengan akronim GTS (Gran Turismo Spider) yang termasuk dalam tradisi Ferrari terbaik, untuk menunjukan pentingnya mesin baru ini bagi Maranello. Mesin ini tidak hanya menjadi jantung yang hidup dan berdetak dari 296 GTS, tetapi juga mengantarkan era baru V6 yang berakar jauh dalam sejarah 75 tahun Ferrari yang tak tertandingi.

Ferrari V6 pertama menampilkan arsitektur 65° dan memulai debutnya pada tahun 1957 dengan mesin 1.500 cc Dino 156 F2 satu tempat duduk. Ini kemudian diikuti pada tahun 1958 dengan versi yang lebih besar pada prototipe sport bermesin depan - 196 S dan 296 S - dan mobil F1 246 yang telah mendukung Mike Hawthorn untuk meraih gelar Kejuaraan Pembalap Formula 1 pada tahun yang sama.

Sistem plug-in hybrid (PHEV) pada 296 GTS menjamin mobil ini menjadi sangat mudah digunakan, serta memangkas waktu respons pedal hingga nol dan memberikan jarak tempuh 25 km dalam mode eDrive yang full elektrik. Dimensi mobil yang ringkas dan pengenalan sistem kontrol dinamis yang inovatif serta aero yang diasah dengan cermat memastikan bahwa pengemudi akan langsung terkesan dengan kelincahannya yang mengagumkan dan responsif terhadap perintah. Desainnya yang sporty dan berliku-liku serta dimensinya yang sangat ringkas juga secara visual menggarisbawahi bentuknya yang unik dan modern, yang dengan tangkas merujuk pada model 250 Le Mans tahun 1963, sebuah perpaduan sempurna antara kesederhanaan dan kegunaan.

Retractable Hard Top (RHT/atap mobil yang dapat dibuka) menjamin kenyamanan penumpang yang luar biasa. Dengan atap yang dapat dibuka, mobil ini memiliki desain yang ramping dan sporty dan dengan atap yang terbuka, siluetnya tetap sangat mirip dengan 296 GTB. RHT yang ringan hanya membutuhkan waktu 14 detik untuk menarik atau membuka atap pada kecepatan hingga 45 km/jam. Garis pemisah antara bodi mobil dan atap berada di atas tiang B. Sebagai hasilnya, atap lipat terbagi menjadi dua bagian yang terlipat rata di bagian depan mesin, sehingga menjaga karakteristik pembuangan panas ruang mesin dan keseimbangan desain secara keseluruhan. Hal ini juga memungkinkan para perancang 296 GTS untuk memperkenalkan jendela di bagian belakang penutup mesin yang memungkinkan mesin V6 baru terlihat dengan jelas. Ketika bagian atas ditarik, kabin dan dek belakang dipisahkan oleh sebuah kaca yang dapat disesuaikan ketinggiannya dan menjamin kenyamanan penumpang yang optimal bahkan pada saat berkecepatan tinggi.

Seperti halnya dengan SF90 Stradale, bagi klien yang ingin memanfaatkan tenaga dan performa spektakuler mobil ini secara maksimal, terutama di lintasan balap, 296 GTS juga tersedia dengan paket Assetto Fiorano, yang mencakup fitur-fitur pengurangan berat mobil dan modifikasi aero.