20 Festival Film Dunia Tayangkan Film Hasil Kurasi secara Gratis di YouTube

Art & Culture08 May 2020

By Larasati Oetomo

20 Festival Film Dunia Tayangkan Film Hasil Kurasi secara Gratis di YouTube

Tahun ini akan menjadi tahun yang bersejarah di dunia sinema. Pasalnya, sekurangnya 20 festival film dunia akan menyajikan kurasi filmnya dalam format layar kecil di YouTube.


Di bawah payung “We Are One: A Global Film Festival” sederet festival film kaliber tinggi mulai dari Cannes Film Festival, Berlin International Film Festival, hingga Toronto International Film Festival bergabung untuk menciptakan festival film digital untuk pertama kalinya sepajang sejarah mereka. Festival film ini akan menyajikan hingga ribuan film hasil kurasi mereka dalam akun YouTube “We Are One” selama 10 hari berturut-turut mulai dari 29 Mei hingga 7 Juni 2020.

Di tengah merajanya layanan streaming film selama satu dekade ke belakang, festival film merupakan “bunker aman” para pecinta sinema mementingkan pengalaman menikmati sinema dalam kualitas terbaik di studio serta mengritik posisi perusahaan streaming dalam dunia sinema. Meski demikian, tahun ini mereka “dipaksa” untuk mengikuti format streaming untuk “menghidupkan” dunia sinema yang eksistensinya terancam tahun ini akibat pandemi.

Selain menyajikan film yang dikurasi secara gratis, saluran We Are One juga akan mempersiapkan konten dokumenter, temuwicara, komedi, dan musik. Belum ada jadwal pasti yang diperbarui di laman YouTube mereka, namun The Guardian menyebutkan bahwa film besar yang belum dirilis tidak akan tergabung dalam daftar film yang tersedia. Film-film tersebut biasanya memang tayang perdana di festival film.

Sebagian penyelenggara festival film telah mengkurasi film untuk ditayangkan dalam festival mereka, namun pandemi yang berlangsung berujung pada penundaan hingga batas waktu yang ditentukan. Merespons hal ini dan mengapa mereka memutuskan bergabung dalam festival film digital, pihak penyelenggara Cannes menyatakan bahwa mereka “bangga untuk bergabung dengan program ini; menyorot para pegiat film dengan bakat yang luar biasa.”

Bekerja sama dengan United Nations Foundation (UNF), platform ini juga membuka donasi terbuka untuk COVID-19. Berikut trailer dari “We Are One: A Global Film Festival”:

@HIGHENDMAGAZINE
See also