10 Makanan yang Baik untuk Kulit dan Mengurangi Efek Penuaan dan Paparan Sinar Matahari

Wellness16 October 2020

By Annisa Laksmintari

10 Makanan yang Baik untuk Kulit dan Mengurangi Efek Penuaan dan Paparan Sinar Matahari

Kulit sehat akan lebih berdaya tahan terhadap penuaan dan paparan sinar matahari, sehingga mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya. Dikombinasikan dengan pemakaian tabir surya secara teratur, daftar superfood berikut akan menyehatkan dan mempercantik kulit anda secara alami.


Buah-buahan dan sayuran banyak mengandung anti-oksidan tertentu yang berfungsi sebagai ‘tameng’ untuk kulit anda dari berbagai hal yang menyebabkan kulit anda cepat menua. Anti-oksidan ini membantu untuk mengurangi radikal bebas dari lingkungan, sehingga mengurangi kerutan dan melindungi kulit muka anda dari paparan sinar UV dan UVB yang berbahaya.

1. Strawberry

Buah merah merona ini tak hanya sedap dipandang mata, juga segar dimakan dan juga padat akan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi pembentukan keriput pada kulit.

2. Sayuran Hijau

Penuh dengan vitamin A yang melindungi kulit dari radikal bebas, juga membantu mengurangi acne dan kekeringan. Vitamin A berfungsi untuk melembabkan kulit.

3. Teh Hijau

Selain bermanfaat untuk kesehatan, teh hijau nikmat untuk diseduh dan ditambahkan pada berbagai jenis makanan. Manfaatnya untuk kulit sangatlah besar. Antioksidan pada teh hijau, EGCG, telah terbukti dapat mengurangi resiko kanker kulit, mengurangi keriput dan banyak manfaat lainnya.

4. Tomat

Tomat kaya akan antioksidan lycopene, Vitamin C, dan juga kadar air, menjadikannya salah satu makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit, melindungi dari paparan sinar matahari, menghidrasi kulit.

5. Brokoli

Si sayuran hebat brokoli adalah pilihat terbaik untuk sumber Vitamin A dan C. Selain itu, brokoli juga makanan dengan khasiat anti-kanker.

6. Walnut

Kacang kenari atau walnut ini merupakan satu-satunya dalam keluarga kacang yang mengandung omega 3, jenis asam lemak yang baik untuk otak dan kulit.

7. Alpukat

Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut, alpukat banyak mengandung lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Cukup konsumsi seperempat alpukat per hari untuk mendapatkan khasiatnya.

8. Timun

Timun mengandung 94% air, sehingga menjadi pilihan yang tepat sebagai makanan yang banyak menghidrasi kulit anda. Selain itu, timun juga mengandung mineral silica, yang membantu untuk memerangi kerusakan kulit, mengurangi kerutan, dan mendukung pembentukan kolagen pada kulit.

9. Dark Chocolate

Cemilan sehat ini ternyata banyak bermanfaat untuk kulit. Dark chocolate sangat banyak mengandung antioksidan, dan juga zinc yang membantu menjauhkan kulit dari acne.

10. Blackberries

Blackberries mengandung lebih banyak antioksidan anthocyanin dan flavonol daripada blueberry. Kedua antioksidan ini membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak, serta kerusakan arterial. Khasiatnya adalah kulit yang lebih halus dan juga lebih sehat.