Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Konsumsi Bahan-Bahan Makanan Ini Secara Rutin untuk Kulit yang Lebih Sehat

Wellness20 May 2022

By Clara Enocensia

Konsumsi Bahan-Bahan Makanan Ini Secara Rutin untuk Kulit yang Lebih Sehat

Merawat kulit supaya tetap sehat dan glowing adalah dambaan banyak orang. Meski begitu, kondisi kulit yang demikian bisa didapat apabila makanan-makanan berikut ini rutin dikonsumsi.


Kulit sehat, tidak berjerawat, dan cerah adalah dambaan banyak wanita, sebab kulit yang sehat tak hanya membuat Anda nyaman tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri. Kulit seringkali merupakan bagian pertama dari tubuh yang menunjukkan permasalahan pada tubuh.

Oleh karena itu, memenuhi gizi tubuh dengan cara mengonsumsi makanan organik yang penuh dengan antioksidan, lemak sehat, air, dan nutrisi penting lainnya akan memberikan manfaat balik melalui organ tubuh terbesarnya yaitu kulit. Kondisi kulit yang demikian bisa didapat apabila makanan-makanan berikut ini rutin dikonsumsi.

1. Selada Air

Selada air mampu berperan sebagai antiseptik dalam kulit, meningkatkan sirkulasi, dan mengirimkan zat mineral ke seluruh sel tubuh untuk meningkatkan oksigenasi kulit.

Kaya akan vitamin A dan C, antioksidan dalam selada air dapat menetralkan radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh, serta membantu memudarkan garis-garis halus kulit dan jauh dari kerutan.

2. Tomat

Likopen dalam tomat merupakan antioksidan yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap halus. Anda bisa mengonsumsi tomat secara rutin dengan dicampurkan ke dalam salad, lauk, sandwich, atau dijadikan saus.

3. Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin A dan C, serta mengandung antioksidan antiaging yang disebut anthocyanin. Zat inilah yang memberi warna biru yang indah pada blueberry.

Senyawa antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stres, dan polusi dengan mengurangi reaksi peradangan atau inflamasi dan mencegah hilangnya kolagen.

4. Alpukat

Alpukat merupakan sumber yang kaya vitamin C dan vitamin E yang membantu dalam mencapai tujuan kulit yang sehat dengan membantu memperbaiki kulit dan mengobati kondisi seperti jerawat dan eksim. Kandungan gizi pada alpukat juga dapat membantu mengurangi kerutan dan membuat kulit terlihat lebih rata.