Share
Penelitian Membuktikan Belajar Sambil Mendengarkan Musik Ternyata Tidak Efektif
Rahayu Indah
10 December 2020

Mendengarkan musik sambil belajar mungkin adalah hal yang menyenangkan, khususnya pada musik-musik yang memang Anda sukai. Namun, mendengarkan musik sambil belajar justru belum tentu meningkatkan hasil kognitif dengan maksimal.


Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Setiap orang memiliki kesukaan terhadap genre musiknya masing-masing. Biasanya, musik dapat didengarkan ketika Anda melakukan kegiatan lain secara bersama-sama.

Tidak sedikit orang menggunakan musik sebagai teman belajar. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa sebenarnya musik tidak memiliki hubungan langsung untuk meningkatkan kemampuan dan hasil kognitif manusia. Walaupun, sebagian orang percaya bahwa musik dapat menjadi “alat bantu” untuk mendukung konsentrasi belajar, nyatanya justru dapat memecah konsentrasi otak.

Sebuah penelitian menguji tampilan kognitif manusia yang digambarkan tentang tiga orang yang belajar dengan kualifikasi yang berbeda, yakni satu orang belajar sambil mendengarkan musik pop, satu orang tidak mendengarkan musik sama sekali, dan satu orang mendengarkan musik dengan genre klasik. Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang belajar dengan tidak mendengarkan musik sama sekali ternyata menghasilkan kemampuan kognitif yang paling optimal.

Hasil penelitian jelas membuktikan bahwa musik memang tidak berhubungan langsung dengan kemampuan kognitif. Pada dasarnya, musik memang sangat berguna untuk memengaruhi kondisi emosional pendengarnya. Melalui penelitian tersebut belajar tanpa mendengarkan musik sama sekali akan meningkatkan fokus dan Anda akan mendapatkan hasil kognitif yang optimal karena adanya tingkat konsentrasi yang penuh.

Namun, jika memang Anda perlu untuk mendengarkan musik, Anda dapat menggunakan genre klasik sebagai pilihan untuk menemani Anda belajar. Dengan musik klasik, Anda dapat menciptakan mood yang baik namun tetap menghasilkan kognitif yang optimal. Musik klasik juga dapat membantu Anda untuk meringankan stress. Penelitian juga membuktikan bahwa saraf-saraf otak menjadi lebih aktif sehingga informasi akan terserap lebih cepat ketika Anda mendengarkan musik klasik.

Berdasarkan hal tersebut, Anda tetap bisa mendengarkan musik sambil belajar, namun Anda perlu memperhatikan genre musiknya. Ada baiknya, musik klasik ataupun instrumen-instrumen ringan dapat menjadi pilihan jika Anda harus mendengarkan musik sambil belajar.