Share
Merayakan Tradisi dan Sosok Petani di Balik Nikmatnya Secangkir Kopi di Indonesia
Putrika Annaya Salsabila
03 October 2024

Nespresso menggelar acara dalam rangka merayakan budaya kopi di Indonesia sekaligus memberikan apresiasi para petani dan agronomis yang berperan di balik pembuatan kopi berkualitas tinggi.


Nespresso bersama Kanmo Group, distributor resmi Nespresso di Indonesia, baru-baru ini menggelar acara spesial di Park Hyatt Jakarta. Acara ini merayakan keunikan microclimate Indonesia, serta tradisi pengolahan kopi yang kaya dengan dedikasi para petani lokal.

Tidak hanya itu, acara ini juga menjadi wadah untuk mengapresiasi kontribusi para petani dan agronomis dalam mempertahankan kualitas kopi terbaik yang dihadirkan oleh Nespresso.

Dihadiri oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, DR. (H.C.) Zulkifli Hasan, S.E., M.M., Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, serta Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Olivier Zehnder, acara ini juga memperkenalkan Indonesia Origin Selection—varian kopi Nespresso yang dikurasi khusus menggunakan biji kopi asli dari Sumatra dan Jawa. Koleksi ini hadir dengan kemasan yang terinspirasi dari batik Indonesia, mengajak para pecinta kopi menjelajahi kekayaan cita rasa nusantara.

Nespresso 1

Pada kesempatan ini, Nespresso meluncurkan kopi INDONESIA, kopi bersertifikat Fairtrade pertama dalam lini profesionalnya. Setelah populer sejak 2019 dalam Original Line, kopi ini kini hadir bagi pengguna mesin profesional Nespresso, mempersembahkan cita rasa kental dan aroma lembut yang menjadi ciri khas kopi Indonesia.

Salah satu sorotan acara ini adalah apresiasi terhadap para petani dan agronomis dari program AAA Sustainable Quality™ yang telah menunjukkan komitmen tinggi terhadap praktik pertanian regeneratif. Para tamu diundang untuk berinteraksi langsung dengan petani dan agronomis, memperdalam pemahaman mereka tentang hubungan erat antara kopi berkualitas dan keberlanjutan yang diterapkan di lapangan.

Nespresso 2

Di antara yang hadir, Mimin Mitarsih dan suaminya Willi Sopari dari Jawa Barat menjadi contoh nyata petani yang telah sukses menerapkan praktik pertanian organik. Melalui pengelolaan kebun kopi mereka dan peran sebagai pemimpin komunitas, pasangan ini telah membantu menciptakan dampak positif yang signifikan dalam menjaga keberlanjutan pertanian kopi di Sunda Hejo.

Sementara itu, di Aceh, petani Patahilah dari Desa Bener Kelipah turut mendapat apresiasi atas kontribusinya dalam memproduksi kopi berkualitas tinggi melalui program AAA.

Agronomis seperti Dadang Hendarsyah dari Jawa Barat dan Mentari Amanda dari Aceh, juga memainkan peran penting dalam membantu para petani menerapkan praktik pertanian berkelanjutan. Dadang telah menjadi bagian dari program ini sejak 2015, sementara Mentari merupakan administrator klaster pertama di Asia untuk Nespresso, membawa dampak signifikan di Aceh.

Nespresso 3

Fabio De Gregorio, SEA Business Development Manager Nespresso, mengungkapkan, “Selama lebih dari 20 tahun, Nespresso telah berkomitmen menghadirkan kopi luar biasa melalui program AAA Sustainable Quality™. Hari ini, kami merayakan upaya dan dedikasi para petani serta agronomis yang telah berhasil menjadikan kopi sebagai kekuatan untuk kebaikan.

Hitesh Bharwani, Co-Founder dan Managing Director Kanmo Group, menambahkan, “Sebagai distributor eksklusif Nespresso di Indonesia, kami bangga atas pengakuan terhadap tradisi kopi Indonesia dan kepedulian Nespresso terhadap kesejahteraan komunitas petani lokal.”

Program AAA Sustainable Quality™ tidak hanya memastikan kualitas kopi yang luar biasa, tetapi juga memberikan dukungan jangka panjang bagi para petani melalui kemitraan berkelanjutan dan inisiatif-inisiatif inovatif. Kombinasi tradisi, inovasi, dan dedikasi dari para petani dan agronomis ini, memastikan bahwa setiap cangkir kopi Nespresso membawa cerita dan komitmen untuk masa depan yang lebih baik.