Share
Mengenal Peppermint dan Segudang Manfaatnya Bagi Kecantikan
Clara Enocensia
31 October 2021

Memberikan segudang manfaat, daun peppermint dipilih sebagai bahan dasar utama dalam berbagai produk kecantikan.


Mint adalah tanaman yang cukup populer dan kaya akan gizi. Daun ini bahkan dapat diolah untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan menthol di dalamnya mempunyai manfaat bagi kulit dan dipercaya dapat membantu memudarkan noda-noda hitam, serta membuat kulit tampak cerah dan segar. Berikut beragam khasiat daun mint bagi kesehatan kulit.

1. Menenangkan iritasi kulit

Salah satu manfaat daun peppermint adalah meringankan gejala iritasi pada kulit dengan mengaplikasikan daun peppermint segar. Peppermint mempunyai sifat menenangkan yang dapat mengurangi peradangan kulit, gigitan serangga dan ruam pada kulit. Untuk hasil yang optimal, Anda juga dapat mencampur daun peppermint dengan madu. Madu sendiri memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang baik untuk kulit teriritasi.

2. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Peppermint mengandung banyak vitamin A , vitamin C, folat, dan Omega-3 yang baik untuk perawatan kulit. Efek relaksasi dari peppermint mampu membantu mengatasi masalah kulit seperti luka bakar atau akibat terpapar sinar matahari.

3. Menghilangkan dan mencegah jerawat

Salah satu manfaat utama dari penggunaan peppermint adalah menyembuhkan jerawat. Kandungan menthol yang terkandung di dalamnya tidak hanya memberikan efek calming tetapi juga membantu menyingkirkan jerawat dan mencegahnya kembali lagi.