Share
Melodi Monolog: Dan Lalu Hadir Sebagai Perayaan 22 Tahun Andien Berkarya
Dimas Andriyanto
18 February 2022

Memperingati 22 tahun berkarya di industri musik, Andien menyelenggarakan sebuah pertunjukan daring bertajuk Melodi Monolog: Dan Lalu secara gratis.


Andini Aisyah Hariadi atau yang lebih dikenal dengan Andien adalah seorang penyanyi yang mengawali karirnya di tahun 2000. Memulai debutnya dengan title penyanyi jazz dan berkolaborasi dengan berbagai musisi terbaik Indonesia dalam berbagai genre, membuat Andien telah mengeluarkan 7 Album dengan kurang lebih 60 lagu yang mendapatkan banyak penghargaan bergengsi.

Melodi Monolog: Dan Lalu hadir sebagai bentuk peringatan perjalanan 22 tahun Andien berkarya. Di konser ini ia akan membawakan 12 lagu yang dibagi menjadi 3 fase perjalanan, yaitu : Mulai, Lerai, dan Sampai yang merupakan lagu-lagunya dalam periode 2000 hingga 2022. Ini merupakan sebuah rangkaian fase perjalanan panjang anak manusia dalam kehidupan yang pada prosesnya memantik sebuah tanya “Dan Lalu?” di kepala. Konsep pertunjukan ini diambil dari proses Andien mencatat mimpi dan menyelami imajinasinya selama ini.

Melodi Monolog: Dan Lalu disutradarai oleh Shadtoto Prasetio, sutradara dan creative director yang khas dengan pengadeganan dramatis. Berkonsep live recorded dari hutan De Djawatan, Banyuwangi, Jawa Timur, pertunjukan ini dibawakan dalam waktu 45 menit. Untuk menghasilkan atmosfer magis dan surreal, Lie Indra Perkasa menampilkan nuansa yang berbeda dengan memasukan bunyi-bunyian woodwinds (bass, clarinet, flute) dan brass (flugel, bass trumpets, tuba).

Fashion yang menjadi elemen penting dalam pertunjukan ini dikerjakan oleh fashion designer TANGAN dan Jonathan Andy sebagai fashion director. Selain ‘mendaur ulang’ Lagu, Andien juga mendaur ulang (upcycle) pakaian yang ia pakai dalam pertunjukan ini. Baju yang Andien pakai dalam Melodi Monolog: Dan Lalu adalah gabungan 4 gaun yang dipakai Andien di konser-konsernya terdahulu.

“Mengapa upcycle? Karena saya ingin mendukung sustainable fashion dengan memberitahu masyarakat bahwa pakaian daur ulang itu indah dan punya nilai tersendiri. Pakaian upcycle dalam konser ini juga menyimbolkan tentang perjalanan manusia yang punya siklus Mulai, Lerai, Sampai yang tanpa kita sadari terus berulang, sampai nanti waktu kita selesai” ujar Andien.

Klik disini untuk menyaksikan Melodi Monolog : Dan Lalu 22 tahun Andien akan tayang pada tanggal 22 Februari 2022, Pukul 19.00.