Share
Manfaat Vitamin K untuk Kulit, Rahasia Skincare yang Jarang Diketahui
Dewi Anggriani Siregar
25 October 2024

Bicara tentang vitamin dalam perawatan kulit, biasanya Vitamin C, E, atau A yang sering menjadi sorotan. Namun, tahukah Anda bahwa Vitamin K juga memiliki manfaat luar biasa untuk kulit yang belum banyak diketahui?


Meski belum seterkenal vitamin lain, Vitamin K kini semakin banyak digunakan dalam produk skincare berkat khasiatnya yang tak kalah penting, terutama dalam membantu merawat area kulit yang cenderung bermasalah.

1. Mengurangi Lingkaran Hitam dan Mata Bengkak

Vitamin K terkenal dalam mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata. Kemampuan Vitamin K dalam meningkatkan sirkulasi darah membantu mengurangi warna gelap yang sering disebabkan oleh darah yang menggenang di pembuluh darah di bawah mata. Selain itu, Vitamin K membantu mengatasi mata bengkak atau puffy eyes karena membantu mengurangi retensi cairan yang sering menyebabkan pembengkakan pada area tersebut.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat utama Vitamin K adalah kemampuannya dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Vitamin ini mendukung mekanisme pembekuan darah, sehingga sangat bermanfaat dalam proses pemulihan kulit. Oleh karena itu, Vitamin K sering ditemukan dalam produk skincare yang ditujukan untuk merawat kulit pasca prosedur dermatologis, seperti laser, suntik filler, atau microneedling. Ini juga membantu meminimalkan memar dan bengkak pada area yang baru saja dirawat.

3. Mengurangi Kemerahan dan Iritasi

Vitamin K dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kulit seperti rosacea atau kulit sensitif. Vitamin ini bekerja dengan menenangkan kulit dan memperkuat kapiler darah sehingga mencegah pembuluh darah pecah yang bisa menyebabkan kemerahan pada wajah. Produk skincare dengan kandungan Vitamin K juga cocok untuk kulit yang rentan terhadap iritasi karena membantu menjaga kulit tetap tenang dan seimbang.

4. Mengatasi Stretch Marks dan Bekas Luka

Manfaat lainnya yang jarang diketahui adalah efektivitas Vitamin K dalam memudarkan stretch marks dan bekas luka. Vitamin K bekerja dengan meningkatkan elastisitas kulit serta membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak, sehingga secara bertahap mengurangi penampilan bekas luka dan stretch marks. Walaupun efeknya tidak langsung terlihat, penggunaan produk berbasis Vitamin K secara rutin dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

5. Membantu Meratakan Warna Kulit

Vitamin K membantu memperbaiki hiperpigmentasi dengan memperbaiki sirkulasi di kulit, sehingga warna kulit tampak lebih merata. Manfaat ini menjadikannya pilihan tepat bagi mereka yang ingin mengurangi penampakan flek atau bercak gelap pada kulit. Selain itu, Vitamin K mampu memperkuat kapiler dan pembuluh darah yang sering menjadi penyebab bintik kemerahan, sehingga kulit tampak lebih cerah dan segar.