Share
Tidak Hanya Sebagai Penangkal Nyamuk, Telusuri Manfaat Minyak Eucalyptus Lebih Dalam
Hamidah Khansa Sabila
02 January 2023

Minyak dari pohon yang berasal dari Australia ini kini sudah mendunia dengan manfaatnya yang beragam.


Minyak eucalyptus berasal dari pohon eucalyptus, atau pohon dengan nama latin Eucalyptus globulus. Minyak eucalyptus diekstrak dari dedaunan pohon tersebut.

Pohon eucalyptus yang berasal dari Australia ini sekarang dapat ditemukan hampir di seluruh permukaan dunia. Dilansir dari WebMD dan healthline, berikut adalah beragam manfaat minyak eucalyptus.

Membantu Susah Nafas

Menurut riset, minyak eucalyptus dapat membantu membunuh bakteri, virus dan jamur sehingga pernafasan menjadi lega. Menghirup minyak eucalyptus juga dapat membantu melawan infeksi.

Membersihkan Luka

Suku Aborigin di Australia menggunakan minyak eucalyptus untuk membersihkan luka. Penggunaan minyak eucalyptus dapat mencegah infeksi.

Meredakan Nyeri Sendi

Eucalyptus adalah bahan utama dalam beberapa obat pereda nyeri. Minyak eucalyptus juga dapat membantu dalam meredakan nyeri sendi, otot, dan pembengkakan.

Penawar Rasa Sakit setelah Operasi

Beberapa peneliti melakukan percobaan dimana orang-orang yang telah melakukan operasi lutut diajukan untuk menghirup minyak eucalyptus. Orang-orang tersebut mengaku bahwa setelah menghirup minyak eucalyptus, nyeri mereda dan tekanan darah pun menurun.