Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Olahan Serba Seafood Lezat dari Berbagai Belahan Dunia

Wine & Dine05 December 2021

By Clara Enocensia

Olahan Serba Seafood Lezat dari Berbagai Belahan Dunia

Seafood merupakan makanan hasil laut yang sangat kaya akan omega 3, protein, serta berbagai macam nutrisi lainnya.


Di antara banyaknya makanan yang ada di dunia, seafood termasuk sajian yang memiliki banyak penggemar. Rasa gurih dan kandungan gizinya yang cukup tinggi membuat sajian laut sering dijadikan sebagai menu makanan pilihan. Tekstur dan rasa dari setiap jenis olahan laut pun sangat beragam.

Maka dari itu, cocok untuk dimasak menjadi berbagai jenis hidangan lezat, seperti diolah menjadi sup, dibuat kaldu, dimasak dengan pasta atau nasi, dan masih banyak lagi. Inilah ulasan mengenai beragam olahan seafood dari berbagai belahan dunia.

1. Gambas al ajillo - Spanyol

Gambas al ajillo merupakan salah satu makanan tradisional Spanyol yang memiliki cita rasa yang khas dari perpaduan bawang putih dan olive oil, serta sedikit rasa manis dari udang. Namun, gambas al ajillo sendiri memiliki berbagai variasi. Bagi Anda yang penasaran dengan resepnya, Anda dapat dengan mudah memasaknya di rumah.

2. Yum Pla Muk - Thailand

Selain terkenal dengan Tom Yum, Thailand juga memiliki hidangan seafood lain yang bernama yum pla muk. Hidangan ini berupa salad khas negeri gajah putih yang terbuat dari gurita rebus bercampur bumbu segar seperti bawang, jahe, daun seledri, dan cabai pedas. Ditambah perasan lemon, cita rasa yum pla muk yang menyegarkan sangat nikmat disantap saat makan siang. Selain itu, sajian ini juga rendah lemak, sehingga sangat baik bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

3. Clam Chowder - Amerika Serikat

Olahan seafood yang satu ini berasal dari Amerika Serikat, hidangan berupa sup ini terbuat dari kerang dan kaldu. Pada umumnya, hidangan ini juga terbuat dari kentang, bawang, seledri, serta bahan-bahan lainnya. Dari segi tekstur, clam chowder memiliki konsistensi yang thick dan creamy serta disajikan dengan roti sourdough.

4. Hitsumabushi - Jepang

Selain sushi, Jepang juga memiliki sajian seafood lain bernama Hitsumabushi. Hidangan ini merupakan makanan tradisional Nagoya dengan bahan dasar unagi atau belut laut panggang yang disajikan di atas nasi hangat bersama taburan rumput laut. Uniknya, sebelum disantap, nasi unagi akan disiram dengan kuah kaldu yang ditempatkan dalam wadah sejenis teko terlebih dahulu. Hitsumabushi biasanya disajikan bersama siraman ocha hangat.