Menjalankan Ekosistem Bisnis Indonesia di Masa Pandemi COVID-19

Profile24 June 2021

By HighEnd Team

Menjalankan  Ekosistem Bisnis Indonesia di Masa Pandemi COVID-19

Dalam rangkaian Business Issue tahun ini, Majalah HighEnd duduk bersama beberapa tokoh penting dari berbagai institusi di pemerintahan, diplomasi dan sektor swasta. Kami berbincang tentang peluang bisnis di Indonesia, terutama di zaman seperti sekarang ini.


Resesi ekonomi akibat pandemi COVID-19 telah mendatangkan berbagai permasalahan baik pada bisnis berskala besar maupun kecil. Pandemi ini telah mengancam cara hidup kita, dimana semua orang terisolasi dan tidak dapat dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Saat ini banyak bermunculan jargon-jargon seperti “akhir perjalanan pulang pergi”, “matinya ritel”, bahkan “runtuhnya globalisasi”, sehingga banyak pihak yang berasumsi bahwa segalanya akan berubah. Untuk dapat bertahan hidup diperlukan transformasi menyeluruh dari seluruh perusahaan.

Realitas tentang bagaimana perusahaan menghadapi krisis dan mempersiapkan pemulihan menghasilkan beberapa kisah yang sangat berbeda. Para pebisnis harus memikirkan cara bagaimana bisnisnya dapat berputar ke model bisnis yang kondusif untuk kelangsungan hidup jangka pendek dan juga ketahanan serta pertumbuhan jangka panjang.

HighEnd mengumpulkan beberapa tokoh kunci di Indonesia dari sektor diplomasi dan kewirausahaan untuk berbagi cerita dan pandangan mereka tentang kelangsungan hidup dunia bisnis terutama selama pandemi global serta bagaimana usaha mereka untuk tetap bergerak maju.

Mereka adalah Duta Besar Prancis untuk Indonesia H.E. Olivier Chambard, Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia H.E. Abdulla Salem Obaid Al Dhaheri, Duta Besar Jepang untuk Indonesia H.E. Kanasugi Kenji, Jeff Bezos, Elon Musk, Mark Zuckerberg, Gilang Widya Pramana, Eddy Susanto Yahya dan Gema Goeyardi.

Mereka adalah contoh utama bagaimana orang dapat bermanuver dan mengatasi rintangan serta beradaptasi dengan situasi baru yang bukannya tanpa tantangan, khususnya dalam kaitannya dengan dunia bisnis.