Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Art Therapy, Cara Unik untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

Wellness19 November 2021

By Clara Enocensia

Mengenal Art Therapy, Cara Unik untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

Metode art therapy selama ini dinilai efektif untuk mengatasi masalah kesehatan mental.


Art Therapy adalah salah satu dari berbagai metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental juga memulihan kesehatan mental. Terapi ini biasanya dilakukan dengan cara menuangkan emosi untuk para penderita gangguan kesehatan mental dalam bentuk sebuah karya seni.

Sebab Melakukan aktivitas yang berhubungan dengan seni bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan. Untuk mengetahui lebih banyak manfaat art therapy,mari simak ulasan berikut mengenai beberapa manfaat art therapy yang telah kami rangkum.

1. Mengekspresikan diri dan perasaan


Seni dapat menjadi cara mengomunikasikan pikiran dan emosi dengan lebih sederhana. Hal ini juga dapat memberi kesempatan kepada diri kita untuk mengenal diri lebih jauh, seperti mengenal kekuatan dan kelebihan kita. Sebab, art therapy mampu membuat perasaan yang kalut dan rumit menjadi lebih sederhana, sehingga Anda lebih mudah berbagi emosi yang rasakan dari waktu ke waktu.

2. Melepaskan stress


Art therapy dapat digunakan untuk menghilangkan stres dan menenangkan pikiran serta tubuh. Penelitian membuktikan bahwa kadar dopamin cenderung meningkat saat seseorang menggambar, melukis, dan bentuk kreativitas lainnya. Orang yang sedang dalam kondisi stress dan depresi, tubuh mereka menghasilkan dopamin dalam jumah yang rendah. Art therapy telah terbukti membantu meningkatkan kadar dopamin dan membantu pasien merasa lebih bahagia.

3. Menstimulasi fungsi mental


Bagi Anda yang merasa sulit berkonsentrasi, lakukanlah aktivitas yang berhubungan dengan seni. Penelitian menunjukan bahwa art therapy memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Sebab membuat karya seni dapat membantu seseorang tenggelam dalam keadaan relaksasi yang terstimulasi, sehingga memungkinkan otak untuk fokus pada sesuatu tanpa terlalu banyak berpikir.